Perbaiki Gugatan, PSI Minta MK Kabulkan Gugatan Syarat Cagub Jadi 21 Tahun

Perbaiki Gugatan, PSI Minta MK Kabulkan Gugatan Syarat Cagub Jadi 21 Tahun

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 29 Okt 2019 18:22 WIB
PSI menggugat syarat cagub ke MK. (Dwi/detikcom)
PSI menggugat syarat cagub ke MK. (Dwi/detikcom)
Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) melakukan sidang perbaikan terhadap gugatan yang diajukan Faldo Maldini dan kawan-kawannya di PSI Gugatan diajukan Faldo dan PSI ini terkait batas usia minimal pencalonan Kepala Daerah.

Kuasa hukum Faldo yang juga merupakan Wakil Ketua DPW PSI, Rian Ernest, mengatakan pihaknya melakukan perbaikan dengan mencantumkan batas usia pencalonan. Rian mengatakan pihaknya meminta batas usia pencalonan sebagai kepala daerah 21 tahun.

"Jadi hari ini kita sudah memperbaiki permohonan, dan ada hal-hal yang kami pertegas lagi pada Yang Mulia Majelis Hakim. Kami mengajukan kepada Majelis Hakim, dibuat selevel 21 tahun bisa maju sebagai kepala daerah, sebagai Wali Kota dan Wakil, Gubernur dan Wakil," kata Rian seusai sidang perbaikan di MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (28/10/2019).


Rian mengatakan batas usia yang diajukan ini mengacu pada aturan pencalonan bagi anggota DPR. Selain itu, dia menyebut hal ini sama dengan usia cakap hukum minimal 21 tahun, sesuai dengan Pasal 330 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

"Kita semua tahu undang-undang untuk menjadi seorang anggota DPR usia minimumnya 21 tahun. Kedua, usia cakap hukum secara umum seluruh warga Indonesia itu diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, usia cakap hukum Pasal 330 itu mengatur 21 tahun," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3