detikNews
Selasa 29 Oktober 2019, 17:18 WIB

Menlu Paparkan Tantangan Politik LN RI: HAM dan Pemberantasan Terorisme

Matius Alfons - detikNews
Menlu Paparkan Tantangan Politik LN RI: HAM dan Pemberantasan Terorisme Retno Marsudi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menjelaskan tantangan politik luar negeri Indonesia dalam 5 tahun ke depan. Retno menyebut isu hak asasi manusia (HAM) dan pemberantasan terorisme akan menjadi fokus politik luar negeri Indonesia.

"Saya akan menyampaikan pokok-pokok prioritas politik luar negeri Indonesia untuk tahun 2019-2024. Sebelum memasuki detail prioritas, izinkan saya menyampaikan beberapa hal terkait situasi global yang ada pada saat ini dan landasan politik luar negeri Indonesia," kata Retno di gedung Pancasila Kemlu, Pejambon, Jakarta Pusat, Selasa (29/10/2019).

Indonesia menurut Retno akan menghadapi beragam tantangan, dari rivalitas ekonomi dunia hingga instabilitas negara-negara di dunia. Retno memaparkan lima prioritas politik luar negeri Indonesia untuk menghadapi tantangan itu.




Salah satu prioritas yang dibahas adalah meningkatkan kontribusi Indonesia di dunia, terlebih Indonesia masih menjadi Dewan Keamanan PBB. Retno fokus pada isu penanganan terorisme.

"Lima tahun ke depan tahun sibuk untuk diplomasi dan politik luar negeri Indonesia. Sampai akhir 2020 Indonesia masih duduk DK PBB. Isu Kerja sama untuk countering terrorism akan menjadi fokus kekuatan Indonesia di DK PBB pada Agustus 2020," kata dia.

Selain itu, Indonesia akan fokus mendorong perlindungan HAM.

"Mendorong pemajuan dan perlindungan HAM tingkat kawasan dan global, kepentingan nasional dan kepentingan negara berkembang jadi rujukan kerja sama," ujarnya.

Retno menyebutkan Indonesia akan menjadi ketua Foreign Policy and Global Health (FPGH) pada 2020, ketua ASEAN pada 2023, dan ketua G20 pada 2023.


Simak juga video "Ditanya Jadi Menlu Lagi, Retno Elus Dada" :

[Gambas:Video 20detik]


(maa/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com