UIN Suska Layangkan Surat Kedua ke UAS Terkait Pengunduran Diri

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 29 Okt 2019 17:18 WIB
Ustaz Abdul Somad (Foto: Agung Pambudhy)
Ustaz Abdul Somad (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau, Pekanbaru kembali melayangkan surat kedua ke Ustaz Abdul Somad Batubara (UAS) erkait klarifikasi pengunduran diri sebagai ASN. Surat pemanggilan ini mengklarifikasi pengunduran diri UAS dari ASN.

"Surat pertama kita kirim pada 16 Oktober. Kita kembali mengirimkan surat panggilan hal penting kedua. Surat pemanggilan ini guna mengklarifikasi tentang permohonan diri UAS sebagai PNS UIN Suska Riau," kata Rektor UIN Suska, Akhmad Mujahidin kepada detikcom, Selasa (29/10/2019).



Dia menjelaskan, surat kedua ini dilayangkan pada 23 Oktober 2019 kepada UAS. Ustaz kondang dan fenomenal diminta menghadap Rektor UIN Suska pada Rabu 30 Oktober 2019.

"Tempatnya di ruangan Rektor. Surat pertama UAS tidak datang," kata Akhmad.



Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan Keuangan dan Kepegawaian UIN Suska menambahkan, hingga saat ini UAS belum memberikan klarifikasi.

"Jika pada surat kedua tidak hadir, maka Rektor dan unsur pimpinan akan mengambil sikap," katanya.

Sejauh ini pihak kampus UIN Suska belum bisa berkomunikasi dengan UAS yang kini mengambil S3 di Sudan. Sebagaimana diketahui, UAS melayangkan surat pengunduran diri sebagai dosen PNS di UIN.

UAS berkirim selembar kertas pengunduran dirinya yang diteken di atas materai Rp 6.000 pada 8 Oktober 2019. Surat tersebut juga sudah disampaikan pihak kampus ke Sekjen Kemenag.

Untuk pemberhentian UAS sebenarnya tidak perlu diteken Sekjen Kemenag. Cukup Rektor UIN Suska yang mengeluarkan surat pemberhentian tersebut. Ini sehubungan UAS baru pada golongan III-D.

(cha/rvk)