Capsule Bus Pertama di Indonesia Mulai Beroperasi di Jambi

Capsule Bus Pertama di Indonesia Mulai Beroperasi di Jambi

Ferdi Almunanda - detikNews
Selasa, 29 Okt 2019 16:44 WIB
Capsule Bus di Jambi (Ferdi/detikcom)
Capsule Bus di Jambi (Ferdi/detikcom)
Jambi - Pemerintah Kota Jambi resmi meluncurkan angkutan umum berbasis online untuk pertama kalinya di Indonesia. Capsule bus yang diberi nama Tans Koja itu diluncurkan oleh Pemkot Jambi sebagai konsep Kota Pintar.

Peluncuran angkutan umum berbasis online itu diperkenalkan kepada masyarakat Kota Jambi sebagai langkah pemerintah untuk menghindari kemacetan. Selain itu, hal ini untuk mengubah kebiasaan masyarakat agar dapat beraktivitas menggunakan angkutan umum. Bus itu kini telah dapat beroperasi setelah diresmikan pada 28 Oktober, tepat pada momentum Sumpah Pemuda.



"Capsule bus ini kita beri nama Koja Bus. Tentunya ini merupakan konsep Smart City yang tengah pemerintah jalankan. Masyarakat Jambi pun patut berbangga karena kehadiran Koja Bus ini pertama kalinya di Indonesia dan diharapkan mampu mengatasi kemacetan berkendara serta mengubah kebiasaan masyarakat agar dapat beraktivitas menggunakan angkutan umum,'' kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha kepada wartawan, Selasa (29/10/2019).

Capsule bus merupakan sarana bus berbasis online yang dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai. Selain memiliki AC, bus itu dilengkapi kamera CCTV dan Wifi secara gratis. Bangku prioritas untuk penumpang dengan kondisi khusus dan multimedia juga tersedia. USB charger juga tersedia di dalam bus tersebut. Capsule bus itu juga dilengkapi peta yang telah disesuaikan dengan koridor bus yang ada.

Capsule Bus Pertama di Indonesia Mulai Beroperasi di JambiCapsule Bus di Jambi (Ferdi/detikcom)

Selanjutnya
Halaman
1 2