detikNews
2019/10/29 05:41:44 WIB

Round-Up

Pesan 'Pertama' dalam Kunjungan Jokowi ke Papua

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Pesan Pertama dalam Kunjungan Jokowi ke Papua Foto: Presiden Jokowi bertemu tokoh Papua di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. (Andhika-detikcom)
Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja pertama usai dilantik sebagai Presiden periode keduanya. Dalam kunjungannya itu, Jokowi menyampaikan pesan tersirat kepada tokoh di Papua.

Jokowi melakukan kunjungan di Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10/2019). Kunjungannya ke Papua untuk meresmikan Jembatan Youtefa, yang merupakan ikon baru Kota Jayapura.

Namun, sebelum ke acara peresmian Jembatan, Jokowi menemui tokoh Papua di Wamena. Jokowi mengungkapkan wilayah pertama yang dikunjunginya setelah dilantik di periode ini adalah Papua. Jokowi berharap pesan ini dipahami para tokoh dan masyarakat Papua.

"Saya hanya ingin menunjukkan, setelah pelantikan pada periode kedua ini yang pertama saya kunjungi adalah tanah Papua. Pesan yang ditangkap mestinya jelas. Pesannya apa? Jelas. Nggak usah saya jelaskan," kata Jokowi saat bertemu tokoh Papua di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin (28/10/2019).

Kunjungan ke Wamena dilakukan Jokowi setelah kerusuhan yang sempat terjadi beberapa waktu lalu. Kerusuhan itu, kata Jokowi, juga pernah terjadi di wilayah lain.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com