Pergantian Caleg Terpilih Disorot, KPU Tegaskan Sudah Ikuti Aturan

Pergantian Caleg Terpilih Disorot, KPU Tegaskan Sudah Ikuti Aturan

Eva Safitri - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 20:05 WIB
Diskusi Menjaga Kemurnian Suara Pemilih (Eva Safitri/detikcom)
Diskusi Menjaga Kemurnian Suara Pemilih (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - KPU menegaskan sudah mengikuti aturan yang ada terkait mekanisme penggantian calon anggota legislatif (caleg) terpilih. Menurut KPU, pergantian caleg terpilih sudah diatur secara lengkap dalam UU 7/2017 tentang Pemilu.

"Ya ini kan sebenarnya mekanisme yang sudah diatur dalam UU No 7 Tahun 2017. Jadi di pasal 426 itu terkait dengan penggantian calon terpilih itu ada yang meninggal, mengundurkan diri dan juga tidak memenuhi syarat lagi," ujar Evi dalam Diskusi "Menjaga Kemurnian Suara Pemilih: Konsistensi Menegakkan Sistem Pemilu", di Warung Upnormal Raden Saleh, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2019).

"Jadi salah satunya itu ya tadi karena kasusnya pemberhentian ya. Jadi kita ini kan ketika ada pengusulan dari partai bahwa sudah ada calegnya yang tidak memenuhi syarat lagi ya tentu kami harus merespons," lanjut Evi.


Evi mengatakan pihaknya tidak asal menerima usulan partai yang mengganti calegnya. KPU juga melakukan proses klarifikasi kepada pihak parpol dengan mengumpulkan bukti yang ada.

"Bukan semena-mena saja kita melakukan tindakan, tetapi kami melakukan klarifikasi dengan partai politik, dan itu kita lakukan, klarifikasi itu juga terkait dokumen-dokumen yang disampaikan kepada kita," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2