detikNews
2019/10/28 17:54:22 WIB

Bahasa Indonesia, Bahasa atau Sekadar Salah Satu Dialek Melayu?

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 4
Bahasa Indonesia, Bahasa atau Sekadar Salah Satu Dialek Melayu? Foto ilustrasi Sumpah Pemuda (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Momentum Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 menjadi hari lahirnya Bahasa Indonesia. Bahasa nasional ini tak jauh berbeda dari Bahasa Melayu yang menjadi induknya. Apakah Bahasa Indonesia adalah salah satu dialek Bahasa Melayu?

Dilansir situs Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (28/10/2019), Keputusan Kongres Bahasa Indonesia II tahun 1954 di Medan salah satunya menyatakan Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Melayu. Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari Bahasa Melayu yang sejak zaman dulu sudah dipergunakan sebagai bahasa perhubungan (lingua franca) di seluruh Asia Tenggara.



Bukti penggunaan Bahasa Melayu antara lain adalah prasasti Kedukan Bukit dari tahun 683 Masehi yang ditemukan di Palembang. Bahkan di Jawa, prasasti Gandasuli di Temanggung dari abad 9 Masehi juga menggunakan Bahasa Melayu Kuno dengan Aksara Kawi. Sementara Bahasa Indonesia baru lahir pada Abad 20.

"Bahasa Indonesia adalah dialek, pastinya," kata peneliti etnolinguistik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Imelda, saat berbincang, Senin (28/10/2019).



Imelda berpandangan Bahasa Indonesia sejatinya adalah dialek Bahasa Melayu. Suatu bentuk wicara masyarakat bisa dikategorikan sebagai 'bahasa' atau 'dialek' bila memenuhi syarat tertentu. Kalau suatu bentuk wicara yang satu tidak terlalu berbeda dengan bentuk wicara lain, maka itu tidak bisa dikatakan sebagai bahasa yang berdiri sendiri melainkan hanya dialek. 'Alat ukurnya' bernama dialektometri.

"Ada dua cara (menentukan apakah Bahasa Indonesia adalah dialek atau bahasa yang terpisah dari Bahasa Melayu). Pertama, melalui dialektometeri. Kedua, melalui tes kemengertian," kata Imelda.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com