Belum Terima Jadup, Korban Bencana Palu Minta Jokowi Kunjungi Pengungsian

Belum Terima Jadup, Korban Bencana Palu Minta Jokowi Kunjungi Pengungsian

Mohammad Qadri - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 16:23 WIB
Korban gempa di Palu meminta Jokowi kunjungi tenda pengungsian. (Mohammad Qadri/detikcom)
Korban gempa di Palu meminta Jokowi kunjungi tenda pengungsian. (Mohammad Qadri/detikcom)
Palu - Korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah meminta Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk melihat langsung para penyintas yang sampai saat ini masih tinggal di tenda pengungsian. Mereka menduga ada pihak yang tidak melakukan pendataan merata terkait bantuan jaminan hidup (Jadup) dan santunan duka.

Hal tersebut disampaikan oleh para penyintas saat menggelar konferensi pers Senin (28/10/2019) di Sekretariat AJI Palu. Para penyintas berharap kedatangan Jokowi ke Palu tidak hanya mengunjungi hunian tetap.

"Tolong Pak Presiden lihatlah kita korban bencana yang sampai saat ini masih di tenda pengungsian. Sampai sekarang belum menerima jaminan hidup dan santunan duka, itu dana ke mana semua tolong evaluasi pemerintah di Palu," ucap Sri Tiniharis (54) korban tsunami asal Jalan Komodo, Palu.


Menurutnya, selain pembagian jaminan hidup dan santunan duka, para penyintas sampai sekarang belum memperoleh kelancaran air bersih yang menjadi permasalahan utama di setiap pengungsian.

Sementara itu, lembaga kemanusiaan Sulteng Bergerak mencatat masih ada 4.421 jiwa korban bencana yang tinggal di pengungsian. Mereka berharap dengan adanya kehadiran Jokowi di Palu bisa menyelesaikan konflik sosial yang masih terjadi antar-penyintas.

"Masalah ini jika tidak diselesaikan dengan baik, bisa saja membuat konflik sosial penyintas karena yang berhak menerima justru tidak terdata. Termasuk banyak korban justru tidak setuju dengan skema pemberian dana stimulan yang dianggap merugikan para penyintas," ungkap Koordinator Sulteng Bergerak, Adriansa Manu, saat mendampingi para penyintas konferensi pers di AJI Palu.



Simak juga video "JK Tinjau Pembangunan Hunian Tetap bagi Korban Gempa Palu" :

[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)