detikNews
2019/10/28 11:40:13 WIB

Ada Parpol Koalisi Tak Diakomodir, Puan: Bangun Bangsa Tak Harus di Kabinet

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ada Parpol Koalisi Tak Diakomodir, Puan: Bangun Bangsa Tak Harus di Kabinet Puan saat bersama Jokowi. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta maaf karena tak bisa mengakomodasi semua pihak dalam penyusunan kabinet. Ketua DPR Puan Maharani menyatakan memang tak semua pihak bisa diakomodasi.

"Ya jadi ya nggak mungkin semuanya bisa masuk ke kabinet. Jadi membangun bangsa itu kan nggak perlu harus di kabinet, bisa di tempat yang lain," kata Puan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Seperti diketahui, ada 3 parpol koalisi yang tak diakomodasi Jokowi dalam kabinet. Tiga parpol itu adalah Hanura, PKPI, dan PBB. Jokowi sudah meminta maaf karena itu.


Puan memahami semua pihak tidak bisa diakomodasi masuk kabinet. Menurutnya, pemilihan menteri bukan hanya soal akomodasi, tapi juga terkait dengan kapasitas.

"Karena kan sebenarnya kementerian/lembaga ataupun menteri-menteri yang dilantik itu bukan hanya tiba-tiba untuk mengakomodir, tetapi juga bagaimana orang-orang yang dipilih dan dilantik itu adalah orang-orang yang memang punya kapasitas dan kapabilitas untuk bisa bekerja sama dengan Presiden dan Wakil Presiden dalam membangun bangsa ke depan," ujar Puan.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com