Bertemu Tokoh Papua, Jokowi: Usai Dilantik yang Pertama Saya Datangi Papua

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 11:30 WIB
Presiden Jokowi bertemu tokoh Papua di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. (Andhika/detikcom)
Presiden Jokowi bertemu tokoh Papua di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. (Andhika/detikcom)
Wamena - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan wilayah pertama yang dikunjunginya setelah dilantik di periode ini adalah Papua. Jokowi berharap pesan ini dipahami para tokoh dan masyarakat Papua.

"Saya hanya ingin menunjukkan, setelah pelantikan pada periode kedua ini yang pertama saya kunjungi adalah tanah Papua. Pesan yang ditangkap mestinya jelas. Pesannya apa? Jelas. Nggak usah saya jelaskan," kata Jokowi saat bertemu tokoh Papua di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin (28/10/2019).


Kunjungan ke Wamena dilakukan Jokowi setelah kerusuhan yang sempat terjadi beberapa waktu lalu. Kerusuhan itu, kata Jokowi, juga pernah terjadi di wilayah lain.

"Yang saya lihat yang terjadi seperti di Wamena, ini juga di Sumatera, Kalimantan, Maluku, di kota saya sendiri, di Solo juga pernah. Balai kota dibakar, gedung DPRD dibakar, kemudian juga mal-mal dibakar. Saya lihat, saya alami sendiri," ujar Jokowi.


Jokowi berharap kondisi di Wamena benar-benar pulih. Ia memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan jajarannya segera memperbaiki bangunan yang rusak, seperti pasar, kantor bupati, dan rumah warga.

"Kita semua ingin agar di Wamena ini kembali normal, baik fisik maupun psikologis politiknya, dan saya meyakini apa yang disampaikan tadi memberikan semangat pada kita semua agar masalah dapat kita selesaikan secepatnya," kata Jokowi.




Jokowi Bakal Aspal Jalan Pegunungan Arfak-Manokwari:

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/idh)