7 Pintu Neraka dan Siksaan bagi Calon Penghuninya

Erwin Dariyanto, Tasya Awlia - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 04:24 WIB
Ilustrasi neraka - Foto: (Thinkstock)

3. Neraka Jahim

Neraka Jahim seperti dijelaskan dalam Al Quran Surat Al Maidah ayat 10 akan diisi oleh orang-orang kafir yang mendustakan ayat-ayat Allah.

Dalam surat As Syu'ara ayat 91 disebutkan bahwa neraka ini dijanjikan akan diisi orang-orang yang sesat. Seperti menyembah berhala dan sapi, nanti yang akan menyiksa golongan ini adalah apa yang mereka sembah, karena syirik berarti mempercayai ada makhluk yang lebih hebat dan berkuasa dibanding Allah SWT.

4. Neraka Sa'ir

Dikutip dari nu.or.id, Dalam Al-Quran, makna Sa'ir itu sendiri adalah 'menyala-nyala.' Seperti dilukiskan dalam Al Quran Surat al-Mulk, neraka ini merupakan seburuk-buruknya tempat kembali. Tatkala dilemparkan ke dalam neraka ini, para penghuninya akan mendengar suara yang mengerikan. Golongan yang akan menghuni neraka sa'ir adalah orang-orang yang mengambil harta anak yatim dan tidak menunaikan zakat.

"Bahwasannya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya, dan nanti mereka akan dimasukkan ke dalam neraka sa'ir" (Q.S An-Nisa: 10). Orang-orang penghuni neraka sa'ir perut mereka akan diisi dan dipenuhi oleh api neraka, karena semasa hidup orang-orang ini memakan dan mengambil yang bukan hak miliknya.

5. Neraka Huthamah

Golongan orang-orang yang akan mengisi neraka huthamah adalah orang yang suka mengumpat dan menggibah. Neraka Huthamah digambarkan akan membakar manusia dari api neraka yang panasnya beribu-ribu kali lipat dari panas api dunia, dan api akan menyala serta membakar hingga ke hati manusia.