Usai Jalani Masa Pidana, 4 WN Polandia Segera Dideportasi dari Kalimantan

Usai Jalani Masa Pidana, 4 WN Polandia Segera Dideportasi dari Kalimantan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 27 Okt 2019 14:21 WIB
Ilustrasi (ari/detikcom)
Ilustrasi (ari/detikcom)
Jakarta - Kantor Imigrasi Sanggau akan segera mendeportasi empat warga negara asing (WNA) asal Polandia. Mereka sebelumnya ditahan karena melanggar aturan selama di Kalimantan Barat. Keempat orang WNA ini selesai menjalani masa tahanan lima bulan di Lapas Sintang.

Kepala Kantor Imigrasi Sanggau Tjatur Sumardiyanto di Sanggau, Sabtu, mengungkapkan keempat WNA tersebut telah melaksanakan rangkaian proses hukum. Karena itu, mereka akan segera dideportasi ke negara asal.

"Hanya sekarang masih menunggu penyelesaian administrasinya. Dan jika tidak ada halangan, hari Senin (28/10) sudah dilaksanakan deportasinya," ungkap Tjatur sebagaimana dilansir Antara, Minggu (27/10/2019).

Keempat WNA asal Polandia tersebut masing-masing Orszulak Jakub Michal, Has Rafal Piotr, Traczyk Grzegorz Mariusz, dan Bogdanow Piotr Henryk.

Sebelumnya, Balai Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menetapkan keempat WNA tersangka berdasarkan dua alat bukti karena telah melanggar UU No 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan Pasal 50 ayat (3) huruf m juncto Pasal 78 Ayat (12), dengan ancaman hukum penjara paling lama setahun dan denda paling banyak Rp 50 juta. (asp/rvk)