Kapolda Metro hingga Anies Bakar Batu Dekat Monumen Pembebasan Irian Barat

Kapolda Metro hingga Anies Bakar Batu Dekat Monumen Pembebasan Irian Barat

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Minggu, 27 Okt 2019 12:30 WIB
Peringatan Sumpah Pemuda di dekat Monumen Pembebasan Irian Barat, Lapangan Banteng. (Dok Polda Metro Jaya)
Peringatan Sumpah Pemuda di dekat Monumen Pembebasan Irian Barat, Lapangan Banteng. (Dok Polda Metro Jaya)
Jakarta - Badan Musyawarah Papua dan Papua Barat menggelar acara budaya bakar batu untuk memperingati hari Sumpah Pemuda di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Kapolda Metro Jaya, Pangdam Jaya, hingga Gubernur DKI Jakarta hadir dalam acara itu.

"Acara ini dibuat karena satu hari lagi kita akan menyambut hari Sumpah Pemuda dan kami meminta izin kepada Pak Gubernur untuk melaksanakan acara di sini, di mana ada monumen Pembebasan Papua Barat, budaya bakar batu adalah simbol persatuan," kata Ketua Bamus Papua dan Papua Barat, Frans Anasay dalam keterangan yang diterima dari Humas Polda Metro Jaya, Minggu (27/10/2019).



Acara itu diikuti sekitar 300 orang Papua yang tinggal di Jakarta Bogor Depok Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek). Acara itu digelar pagi tadi di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, dekat monumen Pembebasan Irian Barat.

Turut hadir Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono, Pangdam Jaya Mayjend TNI Eko Margiyono, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Irjen Gatot berharap Indonesia tetap bersatu dan tidak mudah dihancurkan.



"Papua adalah kita, Papua adalah Indonesia. Semoga setelah acara ini kita tetap satu dalam ke-bhinnekaan, dalam persatuan. Bung Karno pernah berkata apabila lidi itu terpisah maka ia akan mudah dihancurkan dan jika mereka bersatu tidak akan mudah dihancurkan. Jadi mari kita bersatu untuk Indonesia yang maju," ungkap Gatot.

Kapolda Metro hingga Anies Bakar Batu Dekat Monumen Pembebasan Irian BaratFoto: Peringatan Sumpah Pemuda di dekat Monumen Pembebasan Irian Barat, Lapangan Banteng. (Dok Polda Metro Jaya)

Selanjutnya
Halaman
1 2