detikNews
2019/10/25 20:27:08 WIB

Ikut Rakit 'Bom' Bola Karet, Tersangka Ini Sempat Bercanda soal 'Taliban'

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ikut Rakit Bom Bola Karet, Tersangka Ini Sempat Bercanda soal Taliban Foto: Firdaus Ahmad Bawazier (Samsuduha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Firdaus Ahmad Bawazier (58) sempat ikut membantu Samsul Huda merakit 'bom' bola karet. 'Bom' bola karet itu dipersiapkan untuk menyerang polisi dalam upaya menggagalkan pelantikan presiden pada 20 Oktober 2019.

Dalam wawancara eksklusif dengan detikcom di Polda Metro Jaya pada Selasa (22/10/2019) lalu, Firdaus mengaku membantu Samsul untuk menggunting ban dalam. Ban dalam itu digunakan untuk membungkus gotri dan kelereng dan dibuat berbentuk seperti bola sebagai peluru untuk dilontarkan menggunakan ketapel.

"Kan itu (bola karet) dikumpulkan semua, saya foto. Saya lihat ada 6 atau 4 yang kecil-kecil. Kalau saya tahu itu bahaya, saya nggak mungkin edarkan (foto) terus nggak saya hapus itu," kata Firdaus.

Saat menyebarkan foto-foto 'bom' bola karet itu, Firdaus mengaku sempat bercanda. Dia menyebutkan dirinya tengah berada di tempat 'Taliban'

"Setelah saya foto itu, saya buat guyonan 'ini loh aku di tempat 'Taliban'. Taliban itu maksudnya tali-ban, talinya ban, he..he..he..," kata Firdaus.

Selain Firdaus, ada tersangka Edawati yang ikut membantu Samsul merakit 'bom' bola karet itu. 'bom' bola karet itu dirakit di kontrakan Samsul di Depok.

"Saya datang ke situ ada karet, ada satu plastik kelereng, ada bola-bola dari karet gelang ada 3 kecil, 2 besar itu ada. Terus dia (Samsul) bilang ini (ban dalam) nanti digunting-gunting terus nanti dibuntel gini, udah," papar Firdaus.




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com