Penyebab Jatuhnya Lion Air PK LQP Terungkap, Apa Kata Boeing?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 25 Okt 2019 18:31 WIB
Ilustrasi Pesawat Boeing (BBC World)

Sebelumnya, dalam siaran pers yang dibagikan ke wartawan pada Jumat (25/10/2019), KNKT menyimpulkan ada sembilan faktor yang berkontribusi dan saling berkaitan dalam peristiwa jatuhnya Lion Air PK-LQP. Selain itu, KNKT memberikan rekomendasi.

Kepala Subkomite Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo mengatakan ada tiga rekomendasi bagi Lion Air, enam rekomendasi bagi Boeing, hingga delapan rekomendasi untuk Federal Aviation Administration (FAA). Ada juga rekomendasi untuk AirNav hingga Dirjen Perhubungan Udara.

"Lion Air sebanyak 3 rekomendasi, untuk Boeing 6 rekomendasi, Dirjen Perhubungan Udara 3 rekomendasi, FAA 8, BAT 3, AirNav Indonesia 1, dan Xtra Aerospace 1 rekomendasi," tuturnya.


Nurcahyo menyebut rekomendasi yang diberikan kepada Lion Air terkait pengelolaan manajemen serta adanya kesalahan berulang. Untuk pihak Boeing terkait asesmen atau pengecekan desain baru.

"Rekomendasi ke Lion Air terkait dengan manajemen tentang manual dan pengelolaan masalah yang berulang," tuturnya.

"Kemudian di Boeing terkait asumsi yang mereka gunakan, terkait asesmen terhadap suatu desain baru. Ini rekomendasi yang kami sampaikan," sambungnya.
Halaman

(rdp/imk)