detikNews
2019/10/25 18:13:46 WIB

Penyebab Jatuhnya Lion Air PK-LQP Diungkap, Ini Kilas Balik Peristiwanya

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 4
Penyebab Jatuhnya Lion Air PK-LQP Diungkap, Ini Kilas Balik Peristiwanya Ilustrasi Pesawat Lion Air (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Hampir genap setahun sejak tragedi jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP di Karawang, Jawa Barat. Penyebab jatuhnya pesawat pun telah terungkap.

Pada Jumat (25/10/2019) detikcom merangkum kembali rangkaian peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP. Begini rangkaian kilas balik peristiwanya:

Pesawat Jatuh di Karawang

Pada 29 Oktober 2018, Pesawat Lion Air PK-LQP terjatuh di Laut Jawa sebelah utara Karawang, Jawa Barat. Pesawat ini diterbangkan oleh Pilot Bhavye Suneja dan kopilot Harvino dengan nomor penerbangan JT 610 dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Depati Amir, Pangkalpinang.


Pesawat lepas landas pada pukul 06.20 WIB dan membawa 189 orang, termasuk pilot, kopilot, lima pramugari, dan para penumpang. Di antara para penumpang, ada 20 orang pegawai Kementerian Keuangan, 6 anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung, 3 jaksa, dan 1 orang staf tata usaha Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung. Ada pula bapak-anak, suporter sepakbola, dan orang-orang yang sudah dirindukan kehadirannya oleh keluarganya.

Penyebab Jatuhnya Lion Air PK-LQP Diungkap, Ini Kilas Balik PeristiwanyaLion Air PK LQP yang jatuh. (Dok. Lion Air)

Namun takdir nahas itu tak bisa dihindari. Pukul 06.22 WIB, pesawat menginformasikan ada masalah kontrol pesawat (flight control).

Pesawat ini sempat meminta balik lagi ke bandara semula alias return to base. Lembaga pelayanan navigasi penerbangan AirNav membukakan jalan. Namun, pada pukul 06.32 WIB, pesawat itu hilang kontak di perairan Karawang dan jatuh dari ketinggian 3.000 kaki di perairan Karawang. Tim SAR bergerak, tak ada korban selamat
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com