detikNews
2019/10/25 17:08:21 WIB

Investigasi Tuntas, KNKT Beri 3 Rekomendasi ke Lion Air, 6 untuk Boeing

Dwi Andayani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Investigasi Tuntas, KNKT Beri 3 Rekomendasi ke Lion Air, 6 untuk Boeing Konferensi pers KNKT (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Hasil investigasi jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP pada 2018 diungkap oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Ada sejumlah rekomendasi yang diberikan KNKT kepada Lion Air hingga Boeing.

"Dari apa yang kami temukan, KNKT mengeluarkan rekomendasi di luar perbaikan yang sudah dilakukan oleh pihak-pihak terkait," ujar Kepala Sub Komite Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo dalam jumpa pers di kantor KNKT, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2019).



Ada tiga rekomendasi bagi Lion Air, enam rekomendasi bagi Boeing, hingga delapan rekomendasi untuk Federal Aviation Administration (FAA). Ada juga rekomendasi untuk airnav hingga Dirjen Perhubungan Udara.

"Lion Air sebanyak 3 rekomendasi, untuk Boeing 6 rekomendasi, Dirjen Perhubungan Udara 3 rekomendasi, FAA 8, BAT 3, AirNav Indonesia 1, dan Xtra Aerospace 1 rekomendasi," tuturnya.

Nurcahyo mengatakan rekomendasi yang diberikan kepada Lion Air terkait pengelolaan manajemen serta adanya kesalahan berulang. Untuk pihak Boeing terkait asesmen atau pengecekan desain baru.

"Rekomendasi ke Lion Air terkait dengan manajemen tentang manual dan pengelolaan masalah yang berulang," tuturnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com