Aksi Santri Aceh Ikut Operasi Zebra: Ceramah-Doakan Pelanggar Lalin

Aksi Santri Aceh Ikut Operasi Zebra: Ceramah-Doakan Pelanggar Lalin

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 21:45 WIB
Foto: DOK. Satlantas Polres Bireuen
Foto: DOK. Satlantas Polres Bireuen
Banda Aceh -

Ada yang berbeda dalam Operasi Zebra Rencong yang digelar Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bireuen, Aceh. Pelanggar lalu lintas ditangani ratusan santri yang berdoa agar pengendara tertib.

Razia di Kabupaten Bireuen digelar di sejumlah titik khususnya di jalan nasional Banda Aceh-Medan. Dalam razia Kamis (24/10/2019), Polantas memberhentikan pengguna yang melintas di lokasi.

Pengemudi motor dan mobil kemudian diminta untuk menunjukkan surat-suratnya. Bila melanggar, giliran santri yang menangani, tentu ditemani polisi. Para santri yang mengenakan pakaian putih ini mengerumuni para pelanggar.



Mereka memberikan ceramah kepada pelanggar tentang penting menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam Islam. Selain itu, sejumlah santri duduk mengelilingi pelanggar dan mereka mendoakan agar para pelanggar tertib berlalu lintas.

Aksi santri ini menarik perhatian warga sekitar. Tak sedikit di antara masyarakat yang mengabadikan santri memberikan tausyiah untuk pelanggar.

"Ini merupakan kegiatan pertama di Indonesia, di mana dalam rangka hari santri nasional berkolaborasi dengan hari Operasi Zebra Rencong 2019," kata Kasat Lantas Polres Bireuen Iptu Sandy Titah Nugraha kepada detikcom.

Menurut Sandy, dalam razia tersebut polisi melibatkan santri dari Dayah Mas Darrussa'adah Bireuen. Mereka melakukan edukasi lalulintas secara masif dengan tujuan memberi rasa malu kepada pelanggar lalu lintas.


Aksi Santri Aceh Ikut Operasi Zebra: Ceramah-Doakan Pelanggar LalinFoto: DOK. Satlantas Polres Bireuen



Selain itu, kata Sandy, hal itu juga untuk memberikan pendekatan secara islami di mana masyarakat Aceh kental dengan syariat Islam. Sandy menyebut pelibatan santri juga untuk memberikan panggung aktualisasi para santri untuk menngembangkan kemampuan diri dalam mensyi'arkan agama Islam di depan umum.

"Saya bangga dengan ratusan adik-adik santri pada sore hari ini yang bersemangat. Mudah-mudahan pelanggar lalulintas segera jera dan masyarakat Bireuen berubah menjadi lebih tertib dan maju," jelasnya.


Aksi Santri Aceh Ikut Operasi Zebra: Ceramah-Doakan Pelanggar LalinFoto: DOK. Satlantas Polres Bireuen



Sandy menyebut, dalam razia tersebut melibatkan 473 santri didampingi Polantas yang bertugas 46 personel. Hingga hari kedua Operasi Zebra, Satlantas Polres Bireuen menjaring ratusan pelanggar.

"Kita sudah menjaring 243 pelanggar. Kesalahannya rata-rata surat kendaraan," ungkap mantan Kasat Lantas Polres Aceh Utara ini.

(agse/fdn)