Mengenal Kembali Dua Guru Ngaji Jokowi

Erwin Dariyanto - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 12:55 WIB
Guru ngaji Jokowi, Gus Karim (Okta Marfianto/detikcom)
Jakarta -

Joko Widodo (Jokowi) telah dilantik menjadi presiden. Dia pun telah menyusun kabinet yang akan membantunya pada periode kedua 2019-2024. Ada yang puas, namun tak sedikit kecewa karena tak masuk kabinet. Lepas dari itu, ada dua guru ngaji Jokowi, yang tak hanya menjadi tempat konsultasi terkait spiritual, tapi juga membantu pemenangannya. Siapa dua guru ngaji Jokowi itu?



Ada dua guru ngaji yang sempat membantu Jokowi belajar ilmu agama. Mereka adalah Ustaz Mudhakir, yang membantu belajar Iqra, dan KH Abdul Karim Ahmad (Gus Karim), pemilik pengajian tempat Jokowi belajar tafsir Alquran dan fikih. Jokowi belajar kepada dua guru ngaji tersebut jauh sebelum dia terjun ke politik dengan menjadi Wali Kota Surakarta.

Mengenal Kembali Dua Guru Ngaji JokowiGus Karim, guru ngaji Jokowi, saat mendampingi Jokowi umrah (Laily Rachev/Biro Pers Setpres)


Setelah Jokowi menjadi Wali Kota Surakarta, kemudian Gubernur DKI Jakarta, dan lalu Presiden RI, Ustaz Mudhakir dan Gus Karim tetap berada di Solo. Dua guru ngaji Jokowi itu tak mau merapat untuk mendapat jabatan.

Ustaz Mudhakir saat ini menjadi guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Sukoharjo. Adapun Gus Karim menjadi pengasuh Pondok Pesantren Al-Quraniy Azzayadiy di Solo, Jawa Tengah.



Bukan hanya menjadi guru ngaji, Gus Karim juga menjadi tim pemenang saat Jokowi maju di Pilwalkot Solo 2005 dan 2010, juga di Pilpres 2014. Namun, setelah Jokowi menjadi wali kota, gubernur, maupun presiden, Gus Karim tak mau merapat untuk mendapat jabatan.

Bahkan namanya sebagai guru ngaji Jokowi nyaris tak terdengar. Baru pada 14 dan 15 April 2019, Gus Karim terlihat mendampingi Jokowi saat menunaikan ibadah umrah ke Tanah Suci. Gus Karim menjadi pembimbing Jokowi dan keluarganya selama menunaikan rukun umrah.



Mengenai kesempatan bisa menemani Jokowi umrah, Gus Karim mengaku tidak menyangka sama sekali. Dia dihubungi oleh Mensesneg Pratikno untuk mendampingi Jokowi umrah ke Tanah Suci.

"Tidak menyangka sekali, saya ini seonggok Abdul Karim bisa diminta menemani presiden umrah," kata Gus Karim saat ditemui di Ponpes Al-Quraniyy Azzayadiyy, Laweyan, Solo, Sabtu 20 April 2019.

Mengenal Kembali Dua Guru Ngaji JokowiUstaz Mudhakir, guru ngaji Iqra Jokowi (Okta Marfianto/detikcom)

Nama guru ngaji Jokowi tak disebut-sebut dalam penyusunan kabinet. Dan mereka tak pernah merasa kecewa. "Saya tetap di sini saja (Solo)," kata Gus Karim suatu ketika kepada detikcom.

(erd/nwy)