detikNews
2019/10/24 09:55:33 WIB

Mendagri Tito Antisipasi Guncangan Ideologi Politik Identitas di Daerah

Roland - detikNews
Halaman 1 dari 2
Mendagri Tito Antisipasi Guncangan Ideologi Politik Identitas di Daerah Mendagri Tito Karnavian (Antara Foto)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian ingin mensinkronkan kebijakan pada tingkat pusat hingga ke daerah. Untuk mendukung kebijakan pusat hingga ke daerah, Tito bicara stabilitas politik.

Awalnya Tito bicara mengenai kabinet baru yang dibentuk. Menurut Tito, ini merupakan situasi politik baru yang dapat berpengaruh hingga ke daerah.

"Ini situasi yang baru tentu akan mempengaruhi pada konstalasi politik nasional dan daerah, dalam segala kebijakan-kebijakan pengembangan, improvisasi dari para pimpinan kementerian, atau lembaga yang baru. Ini yang akan berdampak kepada posisi Kemendagri sebagai tulang punggung pemerintahan, lebih khusus pemerintahan di daerah, pembina pemerintahan di daerah," kata Tito dalam amanahnya saat apel di halaman Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).


Menurut Tito, situasi tersebut harus diimbangi dengan baik. Jika tidak, hal itu akan berdampak buruk terhadap situasi keamanan nasional.

"Dan ini harus kita imbangi, karena kalau terjadi guncangan politik, pasti akan berdampak pada stabilitas keamanan dalam negeri, politik hukum dan keamanan saling terkait, terutama goncangan yang berasal dari politik dan ideologi, ini akan berdampak luas," ujar Tito.

"Ideologi, kalau sudah masuk politik identitas, akan berdampak luas, power struggle, pertarungan kekuasaan, tingkat pusat sampe ke desa pun bisa membuat polarisasi yang menimbulkan perpecahan, potensi konflik," sambungnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com