Partai Kecil Koalisi Jokowi Diperkirakan Dapat Jabatan Lapis Kedua - Halaman 2

Partai Kecil Koalisi Jokowi Diperkirakan Dapat Jabatan Lapis Kedua

Pasti Liberti Mappapa, Ibad Durohman - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 05:28 WIB
Foto: Para menteri Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom).
Foto: Para menteri Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom).

Awal Juli lalu, Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang alias OSO memberi sinyal partainya mengincar jatah kursi menteri pemerintahan periode kedua Joko Widodo. Hal menurut OSO wajar karena Hanura merupakan bagian dari koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Setelah kerja-kerja keras, harus dapat hasilnya yang maksimal," kata OSO usai mendatangi kediaman Ma'ruf Amin di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/7) silam. Hal itu kembali diungkap OSO sesuai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (24/7) silam.



Ketika itu, OSO menyatakan ada pembahasan masalah kabinet dengan Jokowi. Mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu mengaku ditanya Jokowi soal usulan kader Hanura untuk masuk kabinet. Tidak tanggung-tanggung. OSO mengusulkan 40 kader Hanura di kabinet Jokowi.

"Soal kabinet itu ternyata belum ada apa-apa belum disusun malah tanya sama saya, 'Pak Oesman, kira-kira usul Pak Oesman berapa itu anggota yang bakal diusulkan?' Saya bilang, 'Nggak banyak, Pak, 40.' 'Loh Bapak kalah kok mengusulkan 40?' (Menirukan kalimat Jokowi, red). 'Loh, Pak, kalau menang, saya nggak ngusulin apa-apa,'" ujar OSO saat itu.



Sementara, Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Diaz Hendropriyono mengatakan bahwa susunan kabinet diyakini telah dipikirkan sampai matang oleh Jokowi dan Ma'ruf Amin. "Artinya para tokoh yang duduk di kursi kabinet adalah mereka yang terbaik," ujar Diaz melalui rilisnya pada wartawan, Rabu (23/10/2019).

Partai Kecil Koalisi Jokowi Diperkirakan Dapat Jabatan Lapis KeduaDiaz Hendropriyono (Istimewa)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4