detikNews
2019/10/23 22:06:55 WIB

Round-Up

Janji Profesional Jaksa Agung Adik Politikus

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Janji Profesional Jaksa Agung Adik Politikus Foto: Jaksa Agung ST Burhanuddin (Antara Foto)
Jakarta - Sanitiar (ST) Burhanuddin mengatakan akan bekerja sebagai jaksa agung secara profesional. Dia menegaskan hal tersebut meski punya hubungan darah dengan politikus PDIP, TB Hasanuddin.

"Kami sudah diperintahkan, kami profesional. Tidak ada saudara, tidak ada apa," kata Burhanuddin di kantor Kejagung, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019).

Burhanuddin lalu menegaskan dirinya bukan orang partai mana pun. Bersaudara dengan politikus, tak membuat profesionalismenya terganggu.
"Wong misal satu rumah suami istri kadang-kadang partainya berbeda kok. Apalagi saya bukan orang partai. Bagi saya nggak ada masalah, sudah profesional saja," tegasnya.

Burhanuddin sudah cukup lama meninggalkan Kejagung. Burhanuddin meminta masyarakat memberi waktu kepadanya untuk beradaptasi kembali dengan lingkungan kejaksaan.

Langkah pertama yang akan dilakukan Burhanuddin di Kejagung ialah dengan memetakan perkara. Di hari dirinya dilantik, dia mengatakan langsung memetakan perkara.
"Saya harus mempelajari (perkara) dulu, kan baru masuk. Bagaimanapun, saya sudah meninggalkan 4 tahun (pensiun dari jabatan jaksa), situasi kan berbeda. Saya akan pelajari dulu. Nanti kalau sudah dipelajari, saya sampaikan ke teman-teman," kata Burhanuddin.

Selain bertemu dengan jajaran pejabat utama Kejagung, Burhanuddin juga melakukan video conference dengan para Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) se-Indonesia. Dia mengatakan anak yang hilang telah datang lagi ke Kejagung.

Namun, untuk serah terima jabatan (setijab) Burhanuddin mengatakan dirinya menunggu kabar dari mantan Jaksa Agung M Prasetyo. Sertijab tidak dilakukan hari ini.

ST Sihombing disambut keluarga besar KejagungST Sihombing disambut keluarga besar Kejagung (Rolando Fransiscus Sihombing/detikcom)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com