detikNews
2019/10/23 20:00:38 WIB

Round-Up

Menhan Prabowo Tak Boleh Punya Visi Sendiri

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Menhan Prabowo Tak Boleh Punya Visi Sendiri Prabowo Subianto (Wahyu Putro A/Antara Foto)
Jakarta - Ketum Gerindra Prabowo Subianto resmi dilantik jadi Menteri Pertahanan (Menhan) di Kabinet Indonesia Maju. Selama lima tahun ke depan, Prabowo tak boleh punya visi sendiri.

Merunut ke belakang, Prabowo sudah menyerahkan konsep-konsep terkait pertahanan negara ke Jokowi. Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria menyatakan konsep program pemerintahan yang dibawa Prabowo memiliki kesamaan dengan visi-misi Jokowi.

Hal senada disampaikan oleh Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Wakil Ketua DPR ini bahkan merinci program-program di sektor mana saja yang 'di-ACC' Jokowi. Beberapa konsep diterima antara lain terkait ketahanan pangan dan energi, ekonomi, kemandirian pangan, hingga kemandirian pertahanan.



Konsep Prabowo berbuah manis. Gerindra mendapat jatah dua kursi menteri, pertama untuk sang Ketum Prabowo dengan jabatan Menhan, kursi kedua diberikan kepada Waketum Gerindra Edhy Prabowo, yang sudah dilantik menjadi Menteri KKP.

"Sesuai dengan konsep yang kita berikan, itu yang diberi tanggung jawab oleh Jokowi sehingga kami ya menyatakan dapat menerima karena konsep kami diterima," kata Dasco di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (21/10/2019).

Di sisi lain, Jokowi dalam pidato terakhirnya di sidang kabinet paripurna periode 2014-2019 sempat menyinggung menteri tak boleh punya visi-misi sendiri. Hal itu semata-mata agar pemerintahan berjalan satu jalur, yakni menjalankan visi-misi Presiden.



"Agar semuanya kita betul-betul berada dalam satu visi, satu tujuan, dan satu jalur," ujar Jokowi saat membuka sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (3/10).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com