detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 19:27 WIB

Hakim Heran Nunung Disebut Dokter Depresi tapi Selalu Tampak Ceria

Yulida Medistiara - detikNews
Hakim Heran Nunung Disebut Dokter Depresi tapi Selalu Tampak Ceria Sidang lanjutan Nunung di PN Jaksel, Rabu (23/10/2019). (Yulida M/detikcom)
Jakarta -

Dokter dari RSKO Jakarta, Herny Taruli Tambunan, menyebut terdakwa kasus narkoba Tri Retno Prayudati alias Nunung sudah mengkonsumsi obat depresan sebelum direhabilitasi. Nunung disebut mengalami gangguan kecemasan.

"Pada dasarnya sebenarnya, sebelum datang ke rumah sakit kami, Mbak Nunung sudah dirawat kurang-lebih 3 tahun oleh salah satu psikiater di Jakarta. Kalau dari diagnosis dilihat dari pengobatannya kemungkinan besar Mbak Nunung mengalami gangguan kejiwaan, seperti depresi dan gangguan cemas yang disebut dengan serangan-serangan panik," kata Herny saat menjadi saksi meringankan untuk terdakwa Nunung dalam sidang lanjutan di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019).

"Jadi diberikanlah seberapa jenis obat kepada Mbak Nunung dan diminum kurang-lebih 2 tahun belakangan," sambungnya.

Dokter juga mengungkap kondisi Nunung saat dibawa ke RSKO setelah diamankan dalam kasus narkoba. Nunung, menurut dokter, kondisinya terguncang.

Selain itu, Nunung mengalami tekanan gula darah tinggi sehingga mendapat penanganan khusus saat rehabilitasi.

Dalam persidangan, hakim Djoko Indiarto mempertanyakan kondisi cemas yang dialami Nunung. Sebab, hakim melihat Nunung terlihat selalu ceria.

Menurut dokter Herny, seseorang yang tampak ceria dengan selalu tertawa bisa juga mengalami kondisi depresan.

"Mbak Nunung ini kan kerjanya cengengesan kok bisa depresi?" tanya Djoko.



"Kalau bahasa awalnya depresi itu punya seribu wajah. Sakit ini kalau kita berada di sini itu satu di antara empat orang bisa terkena depresi. Coba lihat wajah-wajah apakah ada wajah depresi apa nggak, tapi ya begitulah," ujar Herny

Herny menjelaskan kondisi depresi 'terselubung' bisa diidap seseorang.

"Depresi ini bisa terselubung. Kondisi-kondisi yang kita lihat Mbak Nunung ceria dan komedian, bukan berarti dia lepas daripada kondisi cemas atau tertekan bahkan kita tahu tokoh-tokoh komedian itu meninggalnya mengenaskan karena kondisi depresinya," katanya.

"Pernah saya lihat cengengesan Mbak Nunung, saya nggak pernah lihat dia nggak ketawa," kata hakim.

"Itu talenta Mbak Nunung sehingga kita nggak sadar," jawab Herny.

Sementara itu, secara terpisah, Nunung mengamini kesaksian dokter Herny. Nunung mengaku hingga saat ini masih mengkonsumsi obat depresan. Suami Nunung, July Jan Sambiran, mengatakan istrinya mengkonsumsi beberapa jenis obat.

"Obatnya gula, obat depresan, obat apa lagi, obat lambung. Karena buat depresi itu kan yang dijaga lambungnya, terus obat tidur, obat panic attack," kata July.


(yld/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com