detikNews
2019/10/23 18:02:01 WIB

Seskab Pramono Anung, Mantan Sekjen PDIP yang Dikenal Pelobi Ulung

Niken Widya Yunita - detikNews
Halaman 1 dari 2
Seskab Pramono Anung, Mantan Sekjen PDIP yang Dikenal Pelobi Ulung Seskab Pramono Anung (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Pramono Anung Wibowo kembali ditetapkan sebagai Sekretaris Kabinet dalam Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Jokowi. Sebelumnya, jabatan itu disandang Pramono pada masa pemerintahan Presiden Jokowi-Jusuf Kalla (JK) pada 2015.

Pramono Anung sudah disebut-sebut bakal dipertahankan Jokowi. Dia dekat dengan Jokowi, bahkan Pramono masuk dalam tujuh orang khusus yang membantu Jokowi melakukan tugas operasional di kabinet sejak 20 Oktober hingga pelantikan menteri Rabu (23/10/2019). Pramono Anung, Pratikno, Retno Marsudi, Moeldoko, Ari Dwipayana, Sukardi Rinakit, dan Alex Lay membantu Jokowi dalam penyusunan kabinet.

Berikut rekam jejak Pramono Anung:



1. Mantan Sekjen PDIP

Pramono menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen PDIP) pada 2005. Dia menjadi penggerak untuk memastikan partai bekerja memenangkan Megawati dalam Pemilu 2009. Sebelum menjadi Sekjen, Pramono merupakan Wakil Sekjen PDIP pada 2000.

2. Wakil Ketua DPR

Ayah Hanindhito Himawan Pramono dan Hanifa Fadhila Pramono ini juga pernah menjadi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mewakili PDI Perjuangan periode 2009-2014. Jabatan Pramono tersebut dia emban pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com