detikNews
2019/10/23 17:22:08 WIB

Muafaq Cerita Berikan Uang Rp 50 Juta ke Rommy

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Muafaq Cerita Berikan Uang Rp 50 Juta ke Rommy Eks Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Eks Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik M Muafaq Wirahadi mengaku telah memberikan uang Rp 50 juta kepada Ketum PPP Romahurmuziy alias Rommy. Selain itu, Muafaq memberikan uang Rp 41,4 juta kepada sepupu Rommy bernama Abdul Wahab.

Muafaq awalnya bertemu dengan Abdul Wahab dan Rommy atas rencana mengikuti seleksi jabatan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik. Setelah dilantik, Muafaq memberikan uang kepada Rommy dan Wahab.

"Ya Rp 91 juta. Rp 50 juta ke Ketum, Rp 41,4 juga ke Pak Abdul Wahab," kata Muafaq saat bersaksi dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Raya, Jakarta, Rabu (23/10/2019).


Muafaq menyebut saat itu memberikan uang tersebut kepada Rommy melalui ajudannya di salah hotel wilayah Surabaya, Jawa Timur. Muafaq yang membawa tas berisi uang menyerahkan ke Rommy, namun ajudan Rommy yang menerimanya.

"Ya tas di dalamnya ada uang Rp 50 juta. Saya baru ucapkan terima kasih, Yang Mulia. Setelah itu, Saudara Terdakwa berdiri mau keluar dari lobi. Dari situ saya berikan kepada Saudara Terdakwa, terus Saudara Terdakwa memanggil ajudannya," ucap Muafaq.


Saat penyerahan uang itu, Muafaq menyebut tidak ada penolakan dari Rommy. Tapi tas yang berisi uang itu diterima oleh ajudan Rommy bernama Amin.

"Yang jelas, setelah saya mengucapkan terima kasih, dia berdiri pamit. Terus saya menyampaikan bahwa 'terima kasih, Mas, ini sedikit'. Saya sodorkan, terus Terdakwa memanggil ajudan," jelas Muafaq.

"Jadi nggak ada penolakan, ya?" tanya hakim.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com