detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 16:10 WIB

Bintang Puspayoga, dari PNS Pemkot Denpasar Lompat Jadi Menteri Jokowi

Aditya Mardiastuti - detikNews
Bintang Puspayoga, dari PNS Pemkot Denpasar Lompat Jadi Menteri Jokowi Foto: Bintang Puspayoga. (Andhika Prasetia/detikcom).
Denpasar - I Gusti Ayu Bintang Darmavati menjadi wajah baru dalam kabinet Maju Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Istri eks Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) AA Gede Ngurah Puspayoga itu merupakan PNS di Setda Kota Denpasar dan kini menjadi menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA).

"Karir beliau diawali di Kota Denpasar menjadi itban (inspektur pembantu) di irwil (inspektur wilayah), inspektur pembantu jadi tugas pengawasan, pemeriksaan. Kedua jabatannya staf ahli wali kota di bidang pembangunan, terakhir asisten II bidang ekonomi dan pembangunan," kata Sekda Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Rai Iswara saat ditemui di Gedung Sewaka Dharma, Lumintang, Denpasar, Bali, Rabu (23/10/2019).

Rai menuturkan, selama bertugas di Sekretariat Daerah Kota Denpasar, Bintang dikenal sebagai pribadi yang cerdas. Sebelum berangkat ke Jakarta, Bintang disebut juga sudah pamit minta izin ke Rai melalui WhatsApp.
"Beliau itu adalah orang yang sangat etika, setiap melaksanakan tugas kenegaraan mendampingi suami yang tidak bisa ditinggalkan waktu jadi menteri beliau selalu WA saya, selalu kontak saya, dan ada bukti-buktinya mohon izin, mohon maaf, dan sebagainya. Karena itu ada keterkaitan tugas negara kami izinkan begitupun mau kemarin sudah izin, sore sebelum menuju ke airport," terangnya.

"Kemarin sore masih WA-an ya kan saya tidak tahu beliau akan menjadi menteri kan. Saya izinkan (karena pamit) ada tugas, acara di Jakarta. Dialog kita itu cair," sambung Rai.

Rai menambahkan selama bertugas di Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan, Bintang juga bisa bekerja taktis dan berkoordinasi dengan baik. Dia pun optimistis Bintang bisa cepat beradaptasi dengan tugas barunya di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA).

"Begitu kita percaya jadi asisten II prosentasi pelaksanaan pembagunan fisik meningkat, beliau rajin cek proyek-proyek, mengevaluasi, manggil para kabag, lapor ke wali kota dan sekda. (Kerjanya) Cepet dan taktis oleh karena itu saya yakin beliau cepat bisa adaptasi terhadap tugas-tugas baru," ujar Rai.


Berikut karir Bintang sebagai ASN di Kota Denpasar:

- Staf Badan Kepegawaian Daerah Kota Denpasar (2008)
- PNS Pemkot Denpasar (2008)
- Inspektur Pembantu Wilayah III pada Inspektorat Kota Denpasar (2008)
- Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia pada Staf Ahli Kota Denpasar (2013)
- Staf pada Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kota Denpasar (2014)
- Staf pada Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Denpasar (2017)
- Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) pada Asisten Perekonomian dan Pembangunan (2019)


Simak juga video "Gantikan Susi Pudjiastuti di KKP, Apa Rencana Edhy Prabowo?" :

[Gambas:Video 20detik]


(ams/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com