detikNews
2019/10/23 15:47:46 WIB

Nadiem Makarim Jadi 'Bos' Rektor, Menko Muhadjir: Saya Yakin Bisa

Andhika Prasetia - detikNews
Halaman 1 dari 2
Nadiem Makarim Jadi Bos Rektor, Menko Muhadjir: Saya Yakin Bisa Muhadjir dan Nadiem (Foto: Lamhot Aritonang-detikcom)
Jakarta - Urusan pendidikan tinggi (Dikti) kembali ke Kemendikbud sehingga Mendikbud Nadiem Makarim akan menjadi 'bos'-nya para rektor yang memimpin perguruan tinggi. Menko PMK Muhadjir Effendy meyakini Nadiem sanggup menangani urusan tersebut.

"Justru kan nanti kepemimpinan baru. Itu soal style saja, soal gaya kepemimpinan. Saya yakin bisa. Dia masih muda, cerdas, konglomerat. Jadi model untuk anak-anak zaman sekarang," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).



Muhadjir memuji sosok penerusnya di Kemendikbud tersebut. Terkait pemilihan Nadiem sebagai Mendikbud, Muhadjir menganalogikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah merancang strategi ala manajer sepak bola.

"Kan presiden ini kan menurut saya setiap presiden seperti manajer sepak bola. Ketika melihat kondisi lapangan dan menetapkan strategi, ketika menetapkan strategi menentukan siapa pemainnya. Perubahan strategi kan juga diikuti perubahan pemain kan," ujarnya.

"Kalau misalnya oh ini kita harus melakukan permainan bertahan, dipasanglah pemain-pemain yang memiliki karakter bertahan. Kalau disiapkan menyerang yang disiapkan tim yang menyerang," paparnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com