detikNews
2019/10/23 13:26:01 WIB

Jenderal di Kabinet Jokowi: Urusi Agama hingga Investasi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 2 dari 3
Jenderal di Kabinet Jokowi: Urusi Agama hingga Investasi Jenderal-jenderal di Kabinet Jokowi (Kanavino/detikcom)

3. Menteri Agama Fachrul Razi

Fachrul Razi adalah menteri yang juga datang dari kalangan TNI AD. Facrul merupakan purnawirawan Jendral TNI AD.

Di TNI AD, Fachrul Razi pernah memegang beberapa jabatan. Dari Gubernur Akademi Militer hingga Wakil Panglima TNI. Dalam Pilpres 2019, Fachrul merupakan Tim Bravo 5, relawan salah satu organisasi relawan pendukung Jokowi, bentukan Luhut Pandjaitan. Kini dia mengemban tugas sebagai Menteri Agama.


4. Menteri Kesehatan Mayjen TNI dr Terawan Agus

Di pos Menteri Kesehatan, ada nama dr Terawan Agus Putranto. Dia merupakan dokter tentara. Sebelumnya, dia menjabat Kepala Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Soebroto.

Terawan pernah sempat populer karena memperkenalkan metode pengobatan cuci otak. Jabatan terakhirnya di TNI adalah Mayor Jendral. Kini, Terawan dipercaya menjadi Menteri kesehatan (Menkes). Ia pun harus mengundurkan diri dari TNI untuk jabatan barunya ini.

5. Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian

Tak hanya dari kalangan TNI, kabinet baru Jokowi juga diisi oleh kalangan Polri. Adalah Tito Karnavian yang ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri).


Tito sebelumnya menjabat Kapolri. Namun kini Tito sudah resmi mengundurkan diri dari Polri. Pangkat terakhirnya adalah jenderal polisi.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com