detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 11:59 WIB

Ini Kandidat Usulan detikers yang Dipilih Jokowi Jadi Menteri

Tim detikcom - detikNews
Ini Kandidat Usulan detikers yang Dipilih Jokowi Jadi Menteri Menteri Kabinet Indonesia Maju (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta - Pembaca detikcom (Detikers) mengusulkan sejumlah nama menteri ke Presiden Jokowi lewat program 'Bantu Jokowi Cari Menteri'. Sejumlah kandidat usulan detikers benar-benar dipilih Jokowi jadi menteri. Siapa saja?

Program 'Bantu Jokowi Cari Menteri' bertujuan untuk menampung aspirasi para pembaca detikcom (detikers) sejak 12 Agustus 2019. Nama-nama usulan detikers lalu dibahas dalam focus group discussion serta dilempar lagi ke detikers untuk dipilih. Nama-nama menteri incumbent tidak dimasukkan ke polling karena secara otomatis diusulkan ke Jokowi. Hasilnya, ada 6 nama baru ditambah 1 nama inkumben di tiap posisi menteri.



Hari ini, Rabu (23/10/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan menteri-menteri yang akan membantunya di kabinet. Kabinet itu diberi nama Kabinet Indonesia Maju.

Berikut nama kandidat menteri usulan detikers yang juga dipilih Jokowi jadi menteri:

1. Mahfud MD

detikers menempatkan Mahfud MD menjadi kandidat Menko Polhukam, Menkum HAM, dan Jaksa Agung. Jokowi menugaskan Mahfud menjadi Menko Polhukam.

2. Nadiem Makarim

detikers mengusulkan Nadiem Makarim sebagai Menkominfo, Menteri Perindustrian, serta Menteri Koperasi dan UMKM. Di Kabinet Indonesia Maju, Nadiem menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Nadiem Makarim / Nadiem Makarim / Foto: (Andhika Prasetia/detikcom).


3. Wishnutama

Di program 'Bantu Jokowi Cari Menteri', Wishnutama dijagokan jadi Menteri Pariwisata dan Menkominfo. Jokowi menempatkan Wishnutama di posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

4. Erick Thohir

detikers menjagokan Erick Thohir menjadi Menteri ESDM, Menpora, Menhan, Menteri Perdagangan, dan Kepala Staf Kepresidenan. Di Kabinet Indonesia Maju, Erick menduduki posisi Menteri BUMN.

5. Tito Karnavian

Di program 'Bantu Jokowi Cari Menteri, detikers mengusulkan Tito jadi Menko Polhukam dan Mendagri. Sesuai dengan usulan detikers, Tito dipilih Jokowi menjadi Mendagri.

Ini Kandidat Usulan detikers yang Dipilih Jokowi Jadi MenteriMenteri-menteri Kabinet Indonesia Maju Foto: (Andhika Prasetia/detikcom).


6. Airlangga Hartarto

detikers mengusulkan Airlangga menjadi Menko Perekonomian dan Menko PMK. Sama dengan usulan itu, Airlangga kini menduduki posisi Menko Perekonomian.


7. Pratikno

Di program 'Bantu Jokowi Cari Menteri', Pratikno adalah inkumben Mensesneg serta diusulkan menjadi Seskab hingga Menristek. Di Kabinet Indonesia Maju, dia tetap menjadi Mensesneg.

8. Edhy Prabowo

Di program 'Bantu Jokowi Cari Menteri', Edhy Prabowo dijagokan jadi Menteri Pertanian. Jokowi sendiri menugaskan Edhy untuk mengisi kursi Menteri Kelautan dan Perikanan.

9. Sri Mulyani

Selain inkumben Menteri Keuangan, detikers juga mengusulkan Sri Mulyani juga di kursi Menko Perekonomian. Di Kabinet Indonesia Maju, Sri Mulyani kembali mengisi posisi Menkeu.



10. Agus Gumiwang Kartasasmita

Nama Agus dijagokan detikers jadi Menteri Perindustrian serta Menko PMK. Sesuai usulan itu, Agus ditempatkan sebagai Menteri Perindustrian.

11. Suharso Monoarfa

detikers mengusulkan Suharso Monoarfa jadi calon Menpan RB. Di Kabinet Indonesia Maju, Suharso duduk di posisi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Ini Kandidat Usulan detikers yang Dipilih Jokowi Jadi MenteriFoto: Basuki Hadimuljono (Andhika Prasetia/detikcom)


12. Basuki Hadimuljono

Di program 'Bantu Jokowi Cari Menteri', Basuki adalah menteri inkumben di jabatan Menteri PUPR yang juga diusulkan jadi kandidat Menko Kemaritiman, Menteri PPN, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang. Hasilnya, dia tetap menduduki posisinya sebagai Menteri PUPR.

13. Ida Fauziyah

detikers menjagokan Ida Fauziyah menjadi Menteri Sosial. Dia akhirnya masuk Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Ketenagakerjaan.

14. Bahlil Lahadalia

Nama Bahlil dijagokan detikers di sejumlah pos kementerian yaitu Mendag, Menperin, serta Menteri Koperasi dan UKM. Pada akhirnya, Bahlil menduduki posisi Kepala Badang Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Menteri-menteri Jokowi / Menteri-menteri Jokowi / Foto: Andhika Prasetia


15. Zainuddin Amali

detikers mengusulkan Zainuddin Amali menduduki posisi Menpan RB. Jokowi sendiri menempatkannya sebagai Menpora.



16. Budi Karya Sumadi

Budi Karya diusulkan detikers untuk menjadi kandidat Menko Kemaritiman, Menteri BUMN, Menteri PPN, hingga Menteri PUPR. Dia juga merupakan Menhub inkumben. Di Kabinet Indonesia Maju, Budi tetap menjadi Menhub.

17. Moeldoko

Di program 'Bantu Jokowi Cari Menteri', Moeldoko dijagokan menjadi kandidat Mensesneg serta Menko Polhukam serta inkumben Kepala Staf Kepresidenan. Jokowi akhirnya kembali memilih Moeldoko jadi KSP.

18. Tjahjo Kumolo

Tjahjo sebelumnya menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri. Di program 'Bantu Jokowi Cari Menteri', dia juga diusulkan jadi Menteri Pertahanan. Di Kabinet Indonesia Maju, Tjahjo ditempatkan sebagai Menpan RB.

19. Bambang Brodjonegoro

Bambang dijagokan detikers untuk menjadi kandidat Menko Perekonomian serta Menteri Agraria dan Tata Ruang. Dia sendiri merupakan menteri inkumben di posisi Menteri PPN. Pada akhirnya, Jokowi memilihnya menjadi Menristek.



20. Johnny G Plate

Di program 'Bantu Jokowi Cari Menteri', Johnny diusulkan jadi Menpan RB. Saat akhirnya masuk kabinet, Johnny diberi tugas sebagai Menkominfo.

21. Teten Masduki

detikers mengusulkan Teten menjadi Sekretaris Kabinet. Jokowi sendiri menempatkannya sebagai Menteri Koperasi dan UKM.

Ini Kandidat Usulan detikers yang Dipilih Jokowi Jadi MenteriFoto: Andhika Prasetia


22. dr Terawan Agus Putranto

dr Terawan adalah kandidat yang paling dijagokan detikers untuk menjadi Menteri Kesehatan. Sesuai usulan detikers, dia dipilih Jokowi jadi Menkes.

23. Luhut Binsar Pandjaitan

Di program 'Bantu Jokowi Cari Menteri', Luhut adalah inkumben Menko Kemaritiman dan diusulkan jadi Menko Perekonomian. Di Kabinet, dia menjadi Menko Kemaritiman dan Investasi.


(imk/van)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com