detikNews
2019/10/23 09:34:51 WIB

Golkar: Masuknya Gerindra Tak Hilangkan Fungsi Pengawasan ke Pemerintah

Audrey Santoso - detikNews
Halaman 1 dari 2
Golkar: Masuknya Gerindra Tak Hilangkan Fungsi Pengawasan ke Pemerintah Foto: Wasekjen Golkar Maman Abdurahman (Dok. Pribadi)
Jakarta - Golkar tak sepakat jika masuknya Gerindra ke koalisi diartikan dengan hilangnya penyeimbang pemerintah yang mengawasi kinerja pemerintah. Golkar menegaskan, dalam sistem presidensial, negara tak mengenal kata oposisi dan koalisi.

"Di dalam sistem presidensial itu tidak ada mengenal oposisi atau bukan oposisi. Dan juga tidak mengenal faktor keseimbangan karena, masuknya kader-kader partai ke dalam struktur pemerintahan tidak menghilangkan fungsi seluruh anggota partai yang duduk di parlemen untuk melakukan kontrol dan pengawasan," kata Wasekjen DPP Partai Golkar Maman Abdurrahman kepada wartawan, Rabu (23/10/2019).


Maman mengatakan, masuknya kader partai dalam struktur pemerintahan juga tidak menghilangkan fungsi partai dalam melakukan kontrol dan pengawasan. Dia menegaskan, setiap kader dalam parlemen harus melakukan fungsi pengawasan kepada pemerintahan.

"Artinya di dalam sistem kita sekarang, terlepas ada atau tidaknya kader partai yang masuk ke dalam pemerintahan, tetap mewajibkan kepada kita untuk kritis dan melakukan fungsi pengawasan kepada semua program dan kebijakan pemerintah agar tetap terus pro kepada kepentingan publik," ujar Maman.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com