Round-Up

Cak Imin Bawa Ipar dan Saudara Kandung Masuk Kabinet

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Okt 2019 07:13 WIB
Abdul Halim Iskandar (Andhika/detikcom)


Namun, saat ditegaskan lagi, Abdul Halim mengatakan dia menyerahkan keputusan kepada Jokowi. Diketahui, Jokowi akan mengumunkan dan langsung melantik kabinetnya, Rabu (23/10).

"Saya tidak tahu itu kewenangan beliau besok diumumkan sendiri dan semua kita kembalikan ke beliau," ujarnya.

M NasirM Nasir (Grandyos Zafna/detikcom)

Mundur lima tahun yang lalu, Cak Imin juga membawa keluarganya masuk ke dalam kabinet Jokowi. Muhammad Nasir, yang menjabat Menristek Dikti di Kabinet Kerja, tak lain merupakan kakak ipar Cak Imin. Nasir menikah dengan Hasibyah.


Sejatinya, Nasir adalah seorang akademisi. Dia sempat terpilih sebagai Rektor Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, untuk periode 2014-2018. Nasir sebelumnya menjabat Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip untuk periode 2010-2014. Dia juga pernah menjabat Pembantu Rektor II di kampus yang sama.

Pria kelahiran Ngawi, Jawa Timur, 27 Juni 1960, itu juga dikenal sebagai pakar anggaran. Tak heran ketika terpilih sebagai rektor salah satu prioritas utama yang akan dia selesaikan adalah soal anggaran di kampus. Visi Nasir saat menjadi dekan seperti dikutip dari situs undip.ac.id adalah menjadikan Fakultas Ekonomi Menuju World Class University.

Selain punya hubungan kekeluargaan dengan Cak Imin, Nasir dikenal dekat dengan mantan presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Ayah dari empat anak itu juga dekat dengan ormas Islam, khususnya di kalangan Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama Jawa Tengah.
Halaman

(jbr/mae)