detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 03:08 WIB

Pemkab Gowa: Karhutla di Tinggimoncong Capai 10 Hektare

Tim detikcom - detikNews
Pemkab Gowa: Karhutla di Tinggimoncong Capai 10 Hektare Hutan Pinus Malino di Tinggimoncong (Foto: ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/pras)
Gowa - Pemkab Gowa, Sulawesi Selatan mengatakan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Lingkungan Lembanna, Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong diperkirakan telah mencapai 10 hektare. Kebakaran terjadi pada wilayah pos 2 dan pos 3 Bawakaraeng.

"Update terakhir luasan kawasan yang terbakar sekitar 10 hektare. Meski memang saat ini kondisi api sudah mulai berkurang, hanya saja tetap perlu siaga dan tetap diantisipasi jika kondisi angin kembali kencang," kata Camat Tinggimoncong, Andry Mauritz di Makassar, seperti dikutip dari Antara, Selasa (22/10/2019).



Andry mengungkapkan, saat ini tim pemadaman kebakaran dari berbagai unsur seperti masyarakat hingga pemerintah, masih berada lokasi dan terus terus berupaya memadamkan kebakaran. Namun, kata dia, pemadaman terkendala lokasi yang sulit dijangkau serta kondisi angin yang terus bertiup sehingga cukup rawan untuk bisa mengakses titik kebakaran.

"Meski kami pastikan api tidak akan merembes ke pemukiman karena lokasi kebakaran masih sangat jauh dari permukiman warga," ujarnya.



Selain itu, kata Andry, kendala lain tim pemadaman ialah lokasi titik kebakaran sangat sulit diakses oleh kendaraan pemadam. Karena itu, tim terpaksa menggunakan tenaga manual.

"Untuk penyebab kebakaran hutan dan lahan di wilayah ini masih sementara kami selidiki," pungkas Andry Mauritz.




Simak video Ribuan Titik Panas Terdeteksi di Sumatera dan Kalimantan:

[Gambas:Video 20detik]




(mae/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com