detikNews
2019/10/23 03:07:50 WIB

Isu Larangan Bendera Tauhid Diduga yang Picu Massa Geruduk Acara Gus Miftah

Syahdan Alamsyah - detikNews
Halaman 1 dari 3
Isu Larangan Bendera Tauhid Diduga yang Picu Massa Geruduk Acara Gus Miftah Gus Miftah (Foto: Mardi Rahmat/20 detik)
Cianjur - Tablig Akbar Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah) di Cianjur, Jawa Barat, digeruduk sejumlah massa dari sebuah ormas. Salah seorang panitia, Hafid mengatakan diduga pemicu penggerudukan adalah viralnya video pelarangan berkibarnya bendera tauhid di acara Hari Santri Nasional (HSN) pada Selasa (22/10) siang.

"Berangkaian sepertinya, ketika mereka diminta jangan mengibarkan bendera mereka bilang ke kelompoknya. Seperti ini disengaja, mereka sepertinya bukan santri kalau enggak salah ketika kita tanya mereka sempat mengaku sebagai pecinta Habib Bahar," kata Hafid saat dimintai konfirmasi, Rabu (23/10/2019) dini hari.



Selain itu, kata Hafid, beredar informasi hoax soal adanya anggota Banser yang menginjak-injak bendera tauhid saat Gus Miftah menggelar tablig di Palabuhanratu. Karena itu, kata dia, mereka kemudian menggeruduk tablig akbar Gus Miftah.

"Ketika Gus Miftah ada di Palabuhanratu, kan Selasa itu ada tiga agenda (tablig) dengan Cianjur yakni di Palabuhanratu lalu Kota Sukabumi. Saat Gus Miftah di Palabuhanratu mereka kelompok radikal memviralkan Banser Palabuhanratu menginjak kalimat tauhid, saya konfirmasi komandan Banser Palabuhanratu ternyata tidak ada," jelasnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com