detikNews
2019/10/23 00:58:54 WIB

Viral Video Larangan Bendera Tauhid di HSN Cianjur, Ini Penjelasan Panitia

Syah - detikNews
Halaman 2 dari 3
Viral Video Larangan Bendera Tauhid di HSN Cianjur, Ini Penjelasan Panitia Foto: Tangkapan Layar Video Viral


Saat itu sekitar pukul 11.00 WIB, ia melihat ada sekitar 7 bendera berkibar, dua di antaranya adalah bendera bertuliskan kalimat tauhid dengan ukuran besar dan bendera palestina juga bertuliskan kalimat yang sama. Saat itu Hafid mengaku sudah meminta izin kepolisian untuk meminta pihak yang mengibarkan bendera-bendera itu menghargai panitia acara.

"Bendera ukurannya 7 meter lebih, saya koordinasi izin kepada pihak kepolisian saya kan atas nama panitia. Memohon dengan hormat, hargai acara ini kan hajat NU. Bukan kami tidak cinta kalimat tauhid, warga nahdiyin itu sangat cinta kalimat tauhid bahkan dalam setiap salat 5 waktu, kalimat tauhid itu selalu dibaca," lanjut pria yang juga anggota Ormas Banser tersebut.

Saat itu Hafid mengaku sempat memberikan pengertian ke para pihak yang membawa bendera. Menurutnya aksinya itu semata hanya bentuk permintaan kepada mereka yang mengibarkan bendera di luar aturan panitia HSN.

"Saya hanya berikan pengertian, lalu persoalannya saya pasrahkan kepada petugas keamanan yang ngepos disekitar lokasi acara. Saya bilang kepada mereka yang bawa (bendera tauhid) itu, adik kan santri mungkin pernah dengar fatwa Hadratusyaikh Hasyim Ashari pendiri NU kata beliau adik kan santri mungkin pernah dengar fatwa Hadratusyaikh Hasyim Ashari pendiri NU Hubbul Wathon minal iman, tujuannya untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada NKRI," jelasnya.

"Saya bilang ke meraka kenapa adik ini membawa bendera Palestina. Saya amankan, kemudian setelah menjelang shalat dzuhur ada pengibaran lagi bendera itu lagi," imbuh Hafid.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com