detikNews
Selasa 22 Oktober 2019, 19:35 WIB

Jadi Calon Menkominfo, Johnny Plate Mundur dari Ketua F-NasDem di MPR

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jadi Calon Menkominfo, Johnny Plate Mundur dari Ketua F-NasDem di MPR Johnny G Plate (Andhika/detikcom)
Jakarta - Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate dikabarkan menjadi calon kuat Menkominfo pada periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Johnny bakal mundur sebagai Ketua Fraksi NasDem di MPR.

"Itu nanti pasti sudah ada di sana, DPP akan menentukan. Saya kebetulan menjadi Ketua Fraksi NasDem di MPR. Kalau pindah ke sini, tentu di sana akan... ada kok orang yang tepat. Yang tidak akan membuat orkestra politik itu lebih-kurang, bahkan akan membuat orkestra yang lebih hebat," kata Johnny setelah bertemu dengan Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019).

Dipercaya Jokowi menjadi menteri, Johnny akan berkonsultasi dengan Ketum NasDem Surya Paloh. Johnny yakin DPP NasDem memberikan kesempatan kepada dia untuk mengabdi kepada negara di jalur eksekutif.




"Kalau itu nanti tentu ada aturan yang memang tidak boleh rangkap antara legislatif dan eksekutif, dan lembaga negara yang bereda. Saya kira proses sudah dilakukan itu, sekarang saya akan ke DPP NasDem dan berkonsultasi. Saya lapor, dong. Ini kan mesti lapor sama Ketua Umum dulu, sama DPP dulu," ujar dia.

Johnny juga menegaskan komitmen mendukung Jokowi. Dia mengungkit sejarah NasDem mendukung Jokowi sejak 2014.

"Kalau itu ya, memang kami pengusung utama dari 2014-2019, maka kewajiban kami untuk memberikan dukungan yang solid bagi keberhasilan Presiden dan kebijakan yang betul-betul dibutuhkan dan sejalan dulu apa yang disampaikan saat kampanye," ujar dia.

Johnny juga tak mempermasalahkan jumlah posisi menteri yang diberikan Jokowi kepada NasDem. Menurut dia, ada yang lebih penting dibandingkan sekadar ribut soal jabatan.

"Kalau terkait juga dengan jumlah portofolio untuk NasDem, itu yang utama adalah suksesnya kabinet bukan suksesnya satu-dua kementerian, tapi suksesnya kabinet. Karena kehadiran politikus atau eksponen NasDem di dalam kabinet mempunyai fungsi untuk memastikan kabinet secara keseluruhan itu berhasil dengan baik dan dimulai dari portofolio. Jadi itu NasDem bukan soal jumlah, tapi bagaimana kontribusinya untuk kinerja kabinet yang baik," tutur dia.


Simak juga video "Jadi Calon Menteri, Begini Kinerja Nadiem Makarim di Mata Menkominfo" :

[Gambas:Video 20detik]


(knv/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com