Ragukan Temuan Polda, Walhi Sumut Minta Kasus Golfrid Diusut Mabes Polri

Budi Warsito - detikNews
Selasa, 22 Okt 2019 15:57 WIB
Foto: Dewan Nasional Walhi Mualimin Pardi Dahlan. (Budi Warsito-detikcom)

Mualimin menilai penanganan kasus Golfird ini perlu diambilalih Mabes Polri. Dia menilai pengungkapan kasus ini menjadi tanggung jawab organisasi Walhi karena Golfrid merupakan kuasa hukum Walhi.

"Jika perlu ini diambil alih oleh Mabes Polri. Kenapa ini penting?, karena kami melihat Walhi punya kepentingan terhadap kebijakan pembelaan lingkungan," tegasnya.


Atas dugaan kematian sementara yang disampaikan pihak Polda Sumut, Walhi menyatakan belum sepenuhnya percaya. Sebab, Walhi, menilai kesimpulan polisi itu terburu-buru.

"Kita belum percaya dan ini bagi kami satu kesimpulan yang terburu-buru bagi kepolisian. Karena ada bagian yang seharusnya bisa dijelaskan lebih rinci. Ada bukti lain yang tidak secara utuh diungkap dalam rilis. Di antaranya terkait hasil autopsi, itu tidak satupun pihak kepolisian menerangkan seara rinci. Terkait luka tempurung kepala yang diduga paling mematikan," ujarnya.

Polisi sebelumnya mengungkap teka-teki penyebab tewasnya Golfrid Siregar. Penyebab tewasnya Golfrid itu diungkap usai melakukan autopsi.

"Dugaan sementara ini, sampai dengan proses yang kita lakukan saat ini dapat disimpulkan bahwa korban ini meninggal karena laka tunggal," ungkap Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto di Mapolda Sumut, Jumat (11/10).

Halaman

(idh/idh)