detikNews
2019/10/22 15:05:36 WIB

Hakim Tolak Praperadilan Eks Dirut Jasa Tirta II

Yulida Medistiara - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hakim Tolak Praperadilan Eks Dirut Jasa Tirta II Sidang praperadilan eks Dirut Perum Jasa Tirta II (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Hakim tunggal Akhmad Jaini menolak gugatan praperadilan yang diajukan mantan Direktur Utama Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro terhadap KPK. Hakim menyatakan status tersangka terhadap Djoko Saputro sah.

"Dalam eksepsi, menolak eksepsi termohon seluruhnya. Dalam pokok perkara menolak permohonan praperadilan pemohon untuk seluruhnya. Dua membebani pemohon biaya perkara sebesar nihil," kata Akhmad saat membacakan putusan di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Selasa (22/10/2019).



Hakim menyebut penetapan tersangka itu sudah sesuai dengan prosedur karena sudah ada dua bukti permulaan yang cukup. Selain itu, penetapan tersangka sudah melalui proses penyidikan dengan adanya surat perintah penyidikan.

"Berdasarkan bukti permulaan yang cukup dan ditetapkan pemohon sebagai tersangka melalui surat perintah penyidikan sah menurut hukum," kata Akhmad.

Pengacara Djoko, Hasbullah, mengaku menghormati putusan hakim tersebut meski mengaku kecewa. Ia menilai permohonan praperadilan tersebut sepatutnya diterima karena dianggap belum ada laporan dari BPK terkait kerugian negara.

"Bahwa di persidangan juga kerugian keuangan negara itu disampaikan oleh para ahli harus ada penetapan BPK, tapi tadi hakim hanya mengutip berdasarkan hasil rapat PJT bukan dari BPK, itu juga yang kami juga kecewa, hakim menilai itu sebagai alat bukti," tutur Hasbullah.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com