Fachrul Razi dari Relawan, Komut Antam, Lalu Calon Menteri Jokowi

Niken Widya Yunita - detikNews
Selasa, 22 Okt 2019 15:00 WIB
Fachrul Razi dari Relawan, Komut Antam, Lalu Calon Menteri Jokowi/Foto: Rengga Sancaya
Fachrul Razi dari Relawan, Komut Antam, Lalu Calon Menteri Jokowi/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi dipanggil ke Istana Negara. Alumni Akademi Militer 1970 itu akan diangkat sebagai menteri di kabinet Jokowi 2019.


Namanya jarang terdengar sejak pensiun dari TNI dengan jabatan terakhir Wakil Panglima TNI pada 1999-2000. Padahal setelah pensiun dari TNI, Fachrul Razi tercatat menempati berbagai posisi kunci di sejumlah perusahaan. Antara lain: Komisaris Holding Company pada PT Toba Sejahtera (2005-sekarang) dan Komisaris Utama CP Prima (2010-sekarang).


Pada 2015 dia juga diangkat menjadi Komisaris Utama PT Antam Tbk. Berikut ini profil Fachrul Razi di kabinet Jokowi 2019:



1. Gubernur Akmil


Fachrul Razi pernah menduduki posisi Gubernur Akademi Militer (Akmil) pada 1996-1997. Lulusan Akmil pada tahun 1970 ini juga pernah menjadi Wakil Panglima TNI.


2. Ketua Tim Bravo 5


Fachrul merupakan Ketua Tim Bravo 5. Bravo 5 merupakan salah satu kelompok relawan pemenangan Jokowi di luar struktur Tim Kampanye Nasional. Anggota tim berisi purnawirawan TNI dan sejumlah tokoh seperti Alwi Shihab, Luhut Pandjaitan, hingga Ruhut Sitompul.



3. Dekat Dengan Luhut Pandjaitan


Ruhut Sitompul menyebut, Fachrul merupakan orang dekatnya eks Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Bahkan Fachrul dan Luhut pernah sama-sama di Kopassus.


"Pak Luhut sama Pak Fachrul Razi teman sama-sama di Kopassus. Dia Ketua Umum Bravo 5, Pak Luhut mendirikan Bravo 5 bersama dia. Dekat, dekat," kata salah satu anggota Bravo 5, Ruhut Sitompul, Selasa (22/10/2019).


Selanjutnya
Halaman
1 2