detikNews
Selasa 22 Oktober 2019, 14:25 WIB

Kemenko Polhukam Ralat Informasi: Tak Ada Pertemuan Wiranto-Doni Monardo

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kemenko Polhukam Ralat Informasi: Tak Ada Pertemuan Wiranto-Doni Monardo Foto: Wiranto tiba di Kemenko Polhukam (Rahel/detikcom)
Jakarta - Ketua Tim Media Menko Polhukam M Fariza Irawady menyebut dirinya menerima informasi adanya pertemuan antara Menko Polhukam Kabinet Kerja Wiranto dengan Kepala BNPB Doni Monardo. Dia menyatakan bahwa tidak benar ada pertemuan tersebut.

"Saya menyatakan bahwa ada kesalahan informasi yang saya dapatkan, bahwa tidak benar ada pertemuan Pak Doni Monardo dengan Pak Wiranto," kata Fariza saat dihubungi lewat telepon, Selasa (22/10/2019).

Fariza meralat pernyataannya sebelumnya bahwa ada pertemuan antara Wiranto dan Doni Monardo di kantor Kemenko Polhukam. Dia mengaku mendapat informasi yang salah.


Fariza menjelaskan, Wiranto tadi siang memang datang dari RSPAD Gatot Soebroto ke kantor Kemenko Polhukam di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Namun dia menyatakan, kedatangan Wiranto semata-mata untuk mengurus sejumlah hal terkait pergantian kabinet periode kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi Pak Wiranto datang tadi khusus untuk mempersiapkan beberapa administrasi yang harus disempurnakan menjelang pelantikan Menko Polhukam yang baru yang informasinya akan dilakukan besok," ujarnya.

"Beliau (Wiranto-red) tidak bertemu dengan pihak eksternal, hanya staf-staf saja," sambungnya menegaskan.

Wiranto sebelumnya sudah memberi pernyataan terkait kedatangannya ke kantor Kemenko Polhukam. Dia menyebut dirinya sengaja datang untuk mengatur semua persiapan terkait serah terima jabatan Menko Polhukam.

"Hari ini saya seperti biasa ya dari rumah sakit saya mesti keluar dulu di sini untuk mengatur semua kesiapan-kesiapan yang mungkin dibutuhkan ya, seandainya besok ada serah terima langsung," kata Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (22/10).


"Jadi saya ngecek, naskah serah terimanya bagaimana, acaranya bagaimana ya. Kerjaan-kerjaan yang belum selesai apa, hambatan-hambatannya apa, tanggung jawab saya kan seperti itu. Karena sebelum pelantikan besok, saya masih Menko Polhukam kan," sambung Wiranto.

Wiranto mengatakan, persiapan yang dia lakukan adalah bentuk tanggung jawab. Selepas dari kantor dirinya akan kembali ke RSPAD Gatot Soebroto untuk menjalani perawatan akibat insiden penusukan di wilayah Pandeglang, Banten, yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Nah sekarang sudah selesai hampir 3 jam di sini. Saya sudah dipanggil dokter lagi, harus ya, terapi," ujar Wiranto.

Ditanya siapa yang bakal menggantikannya sebagai Menko Polhukam, Wiranto meminta agar semua menunggu pengumuman langsung dari Jokowi pada Rabu (23/10) besok.

"Ditunggu saja kalau soal menteri. Tidur semalam, besok sudah tahu kan," sambungnya sebelum berlalu dengan mobilnya meninggalkan kantor Kemenko Polhukam.

Redaksi melakukan pengubahan judul berita pukul 18.20 WIB dari semula 'Wiranto Temui Kepala BNPB Doni Monardo di Kemenko Polhukam, Bahas Apa?' menjadi 'Kemenko Polhukam Ralat Informasi: Tak Ada Pertemuan Wiranto-Doni Monardo'. Pengubahan judul dilakukan karena narasumber dalam berita ini mengakui adanya kesalahan informasi yang dia dapatkan. Redaksi memastikan tidak ada kesalahan prosedur dalam proses wawancara maupun penulisan berita.

Simak video Wiranto: Pemerintah yang Baik Dengar Suara Rakyat, Bukan Partai:

[Gambas:Video 20detik]




(hri/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com