detikNews
Selasa 22 Oktober 2019, 11:00 WIB

Solid Dukung Jokowi, NasDem Akan Mainkan Posisi Kritis Konstruktif di Koalisi

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Solid Dukung Jokowi, NasDem Akan Mainkan Posisi Kritis Konstruktif di Koalisi Johnny G Plate (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Partai NasDem menegaskan akan solid mendukung pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Namun NasDem menyatakan akan mengambil posisi kritis konstruktif dari dalam pemerintahan.

"NasDem akan memainkan posisi kritis konstruktif jika checks and balances di DPR RI tidak berjalan dengan baik. Hal ini untuk menghasilkan kebijakan publik yang baik bagi negeri kita," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate kepada wartawan, Selasa (22/10/2019).


Jika peran kritis itu dilakukan fraksi lain, Johnny menyebut partainya akan menjadi garda pemerintah di parlemen. Ia menegaskan NasDem akan mengawal kebijakan pemerintah dengan rasional.

"Namun, jika peran itu dapat dilakukan oleh rekan fraksi lainnya, maka kami akan menjadi garda kebijakan pemerintah di parlemen. NasDem pengusung utama pilpres dan akan mengawal kebijakan pemerintah dengan saksama dan rasional sampai akhir periode pemerintahan 2024," ujarnya.


Dengan merapatnya Gerindra ke gerbong pemerintah, Johnny menyatakan, NasDem akan mendukung apapun keputusan Jokowi. Kritik konstruktif yang disebutkan Johnny akan dilakukan NasDem dari dalam pemerintahan.

"Kami selalu dan akan tetap selalu menghormati hak prerogative Presiden dalam menentukan anggota kabinet. (Kritik konstruktif) di dalam (pemerintahan)," tegasnya.



Tonton juga video Prabowo Siap Bantu Pemerintah, PDIP: Kita Ingin Bangun Bangsa Bersama-sama:

[Gambas:Video 20detik]


(azr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com