detikNews
2019/10/22 09:26:02 WIB

Gabungnya Prabowo ke Pemerintah Dinilai Buat Parpol Koalisi 'Garuk Kepala'

Zunita Putri - detikNews
Halaman 1 dari 2
Gabungnya Prabowo ke Pemerintah Dinilai Buat Parpol Koalisi Garuk Kepala Foto: Pertemuan Jokowi dan Prabowo di Istana (Biro Pers Setpres)
Jakarta - Masuknya nama Prabowo Subianto di bursa menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin mengagetkan sejumlah pihak. Pengamat politik Median, Rico Marbun, menilai masuknya Prabowo di pemerintahan membuat partai koalisi Jokow-Ma'ruf garuk-garuk kepala.

"Tentu ini jadi sangat lucu, buat partai pendukung Pak Jokowi sebelumnya, yang garuk-garuk kepala ya PDIP, NasDem, Golkar, dan PKB, itu garuk-garuk kepala tuh, kalau sampai tokoh seperti Pak Prabowo bisa dilihat masuk ke dalam kabinet, yang dulu berantemnya nggak kurang-kurang," kata Rico saat dihubungi, Senin (21/10/2019) malam.



Namun, Rico memandang dengan Jokowi meminta kesediaan Prabowo sebagai menterinya itu suatu keputusan yang menggambarkan kepemimpinan Jokowi yang tegas dan tak bisa diintervensi siapapun. Ia juga menyebut ada suasana ketidaknyamanan di partai koalisi pasca Parabowo masuk.

"Tentu partai koalisi ada ketidaknyamanan (penunjukan prabowo), apalagi mereka sudah berkeringat-keringat, sudah berdarah-darah dan saling menyerang itu kuat sekali, kemudian terpaksa sekarang harus duduk bareng," katanya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com