detikNews
2019/10/22 09:10:16 WIB

Prabowo Jadi Calon Menteri, PPP Bicara Kawal Jokowi di Parlemen

Arief Ikhsanudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Prabowo Jadi Calon Menteri, PPP Bicara Kawal Jokowi di Parlemen Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengangkat mantan rivalnya, Prabowo Subianto menjadi calon Menteri Pertahanan (Menhan). Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berbicara soal fungsi kontrol terhadap Jokowi di DPR.

Awalnya, PPP mengatakan fenomena demokrasi di Indonesia. Pihak oposisi atau lawan, sangat memungkinkan menjadi koalisi atau teman.

"Itulah uniknya demokrasi di Indonesia, teori koalisi cek and balance tidak sepenuhnya bisa diterapkan. Model politik Indonesia beda dengan negara lain, orang kompetisi bisa masuk di kabinet. Sejarah politik Indonesia kan seperti itu," kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Awiek), saat dihubungi detikcom, Senin (21/10/2019).

Namun, Awiek masih menganggap penting kontrol terhadap pemerintah. Fungsi itu bisa dijalankan oleh partai pendukung Jokowi di legislatif.

"Di parlemen jangan dimaknai sebagai tukang stempel pemerintah. Parlemen berjalan dengan logika pengawasannya sendiri. Fungsi DPR pengawasan, legislasi, anggaran akan berjalan fungsinya karena bukan serta merta parlemen jadi tukang stempel presiden," kata Awiek.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com