Isu Prabowo Merapat Dapat Bintang Empat - Halaman 2

Isu Prabowo Merapat Dapat Bintang Empat

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Selasa, 22 Okt 2019 08:16 WIB
Foto: Pool/Biro Setpres
Foto: Pool/Biro Setpres


Dalam jangka pendek, koalisi ini juga sangat kuat untuk memuluskan rencana amandemen UUD 1945. "Memang untuk melakukan amandemen itu diperlukan koalisi besar karena syaratnya sangat berat, intinya membutuhkan dukungan mayoritas parpol di DPR MPR dan DPD RI," katanya.

Koalisi besar ini juga dipandang sebagai konsolidasi kalangan nasionalis dengan islam tradisional. Hal ini dilakukan untuk bersama-sama menghadapi radikalisme dan intoleransi. Lantas apa dampaknya buat Prabowo dengan mengambil kursi Menteri Pertahanan?

"Mungkin saja ada pendukung yang kecewa, walau pendukung Prabowo bisa dibagi beberapa kategori, ada kalangan nasionalis yang memimpikan pemimpin yang tegas mungkin makin terpesona dengan Prabowo, mungkin saja pendukung Jokowi juga akan terpesona. Jadi pendukung Prabowo selain kampret akan ketambahan cebong rasa kampret," katanya.

"Tapi ada pendukung Islami yang mungkin lari karena ketidaksukaan terhadap Jokowi, jadi siapa yang mendukung Jokowi ditinggalkan. Tapi justru barangkali ini dibangun koalisi minyak dan air yang akan mengembalikan Prabowo ke garis dasarnya," pungkasnya.
Halaman

(van/zap)