detikNews
2019/10/21 21:30:43 WIB

Laporan Dari Tokyo

Hadiri Penobatan Kaisar Naruhito, Ma'ruf Tunjukkan Kedekatan RI-Jepang

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hadiri Penobatan Kaisar Naruhito, Maruf Tunjukkan Kedekatan RI-Jepang Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar. (Foto: Muhammad Fida/detikcom)
Tokyo - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin akan menghadiri penobatan Kaisar Jepang Naruhito besok. Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar mengatakan kehadiran Ma'ruf Amin untuk menunjukkan kedekatan hubungan antara Indonesia dan Jepang selama ini.

"Buat Indonesia dan khususnya buat Kiai Ma'ruf Amin ini bukan sekadar kunjungan pertama ke luar negeri, belum 24 jam sejak pelantikan. Ini terutama untuk merefleksikan hubungan yang kuat dan dekat antara Indonesia dan Jepang," kata Oemar di Imperial Hotel, Tokyo, Senin (21/10/2019).



Oemar mengatakan Indonesia menempatkan Jepang sebagai mitra strategis. Melalui kunjungan Ma'ruf Amin ini, diharapkan hubungan bilateral Indonesia dan Jepang semakin terjalin kuat.

"Jepang sebagai mitra strategis Indonesia. Kedekatan hubungan dan keinginan Indonesia untuk terus menjalin persahabatan yang kuat dengan Jepang," jelasnya.

Oemar mengatakan hubungan dengan Jepang berkaitan dengan banyak hal. Dia mengatakan hubungan kedua negara sudah terjalin sejak lama.



"Kita sama-sama tahu sudah terjalin sejak lama dan dalam, dan mencakup berbagai bidang. Kalau dari existing tentunya Jepang adalah salah satu mitra terdekat kita di bidang investasi, industri maupun perdagangan, termasuk juga bidang lain di pendidikan. B to B juga kuat, hubungan kebudayaan juga dekat antara Indonesia dan Jepang," jelasnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com