detikNews
2019/10/21 20:32:58 WIB

Round-Up

Beda Cerita Mahfud Md Dulu dan Kini

Tim detikcom - detikNews
Halaman 2 dari 3
Beda Cerita Mahfud Md Dulu dan Kini Mahfud Md tiba di Istana pada bulan Oktober 2019 jelang pengumuman kabinet (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)


Dalam acara itu Mahfud legawa menceritakan drama politik yang dihadapinya sebagai realitas yang tidak terhindarkan. Mahfud mengawali cerita dari pertama kali ia ditemui orang-orang Istana.

"Pada tanggal 1 Agustus pukul 23.00 malam, saya diundang oleh Menteri Sekretaris Negara Pak Pratikno, saya ditemui bersama Pak Teten Masduki lalu saya diberi tahu, 'Pak Mahfud, sekarang pilihan sudah mengerucut ke Bapak, Bapak harap bersiap-siap, nanti pada saatnya akan diumumkan,' oke," ungkap Mahfud.

Saat itu Mahfud sempat heran karena diminta pula untuk menjalin komunikasi dengan PKB, sedangkan dirinya bukan cawapres yang diusulkan partai itu. Sepekan setelahnya Mahfud mengaku kembali diundang ke kediaman Pratikno.




"Ada Pak Teten, asisten Pak Pratikno, 'Pak Mahfud besok akan diumumkan,'" ungkap Mahfud.

"Detail sudah diputuskan Pak Mahfud sekarang semua sudah disiapkan upacaranya nanti berangkat dari Gedung Joang, Pak Mahfud naik sepeda motor bersama Pak Jokowi. Pak Mahfud bonceng, Pak Jokowi yang di depan," sambung Mahfud.

Persiapan deklarasi Jokowi-Mahfud pun sudah begitu detail. Sampai-sampai itu membuat Mahfud tersenyum jika mengingatnya.




Hingga pada menit-menit akhir bukan nama Mahfud yang disampaikan Jokowi. Mahfud mengaku sempat dihubungi Pratikno lagi soal perubahan rencana tersebut. Pada akhirnya Mahfud merasa apa yang dialaminya tidak membuatnya berkecil hati.

"Itu yang terjadi. Nah kemudian ya yang terjadi akhirnya diumumkan Kiai Ma'ruf Amin, kenapa itu berubah sudah ada analis di depan, bukan saya. Lalu saya diburu wartawan, 'Gimana, Pak,' ya nggak apa-apa saya bilang saya menerima sebagai realitas politik begitu," katanya.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com