detikNews
Senin 21 Oktober 2019, 19:48 WIB

Prabowo Calon Menteri Pertahanan di Daftar Kabinet Jokowi, Ini Tugasnya

Tim detikcom - detikNews
Prabowo Calon Menteri Pertahanan di Daftar Kabinet Jokowi, Ini Tugasnya Prabowo calon Menteri Pertahanan (Foto: Antara Foto/Wahyu Putro A)
Jakarta -

Selepas bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketum Gerindra Prabowo Subianto mengisyaratkan bakal menjadi Menteri Pertahanan. Prabowo Menteri Pertahanan di Daftar Kabinet Jokowi 2019. Bakal seperti apa tugas Prabowo yang sebelumnya bersaing dengan Jokowi di Pilpres 2019?



Dikutip dari laman resminya, www.kemhan.go.id Kementerian Pertahanan yang kemudian disebut Kemhan berkedudukan berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden. Kementerian pertahanan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang pertahanan dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Kementerian Pertahanan menyelenggaraan 4 fungsi, yakni:

  1. Perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang pertahanan;
  2. Pengelolaan barang milik/kekayaan negara menjadi tanggungjawab Kementerian Pertahanan;
  3. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Pertahanan, dan;
  4. pelaksanaan kegiatan teknis dari pusat sampai ke daerah.

Sesuai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2020, tahun depan Kementerian Pertahanan akan mendapatkan alokasi anggaran Rp 127,4. Prabowo Menteri Pertahanan di daftar kabinet Jokowi 2019 akan mengelola anggaran yang tidak sedikit.



Instansi ini menjadi kementerian yang paling besar mendapatkan anggaran tahun depan diikuti Kementerian PUPR dan Polri masing-masing Rp 120,2 triliun dan Rp 90,3 triliun.

Prabowo menyatakan kesiapan mengemban tugas sebagai Menteri Pertahanan di daftar kabinet Jokowi 2019. Bahkan dia siap bekerja keras untuk mencapai sasaran yang ditentukan.

"Saya akan bekerja sekeras mungkin untuk mencapai sasaran dan harapan yang ditentukan," kata Prabowo di Istana Negara, Senin 21 Oktober 2019.

Pada Rabu, 23 Oktober 2019 dijadwalkan akan ada pelantikan kabinet baru, termasuk Prabowo Menteri Pertahanan di daftar kabinet Jokowi 2019.



Simak juga video "KontraS Harap Wiranto dan Prabowo Tidak Masuk Kabinet Jokowi" :

[Gambas:Video 20detik]


(erd/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com