detikNews
2019/10/21 19:17:21 WIB

PPP Yakin Prabowo Tak Akan Tikung Jokowi

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
PPP Yakin Prabowo Tak Akan Tikung Jokowi Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Waketum Gerindra Edhy Prabowo usai bertemu Jokowi. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - PPP tak mempermasalahkan merapatnya Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ke koalisi pemerintah dan menjadi calon menteri pertahanan (menhan). PPP menyebut peristiwa ini unik karena oposisi bergabung dalam koalisi.

"Itu kan sesuatu yang tidak ada di dunia manapun kecuali di Indonesia, itulah keunikan demokrasi di Indonesia. Ini sesuatu yang unik, pihak koalisi bekerja sama dengan oposisi. Yang awalnya berseberangan sekarang masuk. Meskipun tidak semua tetapi kan kekuatan utama dari oposisi, yakni Gerindra, itu bergabung dengan koalisi Pak Jokowi," kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Pria yang akrab disapa Awiek itu mengatakan bergabungnya Gerindra ke pemerintahan tidak akan mengganggu soliditas Koalisi Indonesia Kerja dan justru akan membuatnya semakin kuat. Terkait apakah ada partai lain lagi yang akan bergabung, Awiek mengaku tak ingin mencampuri hak prerogatif Jokowi.

"Bagaimana dengan partai yang lain? Ya sekali lagi selain itu hak prerogatif Pak Jokowi, kita nggak mau mencampuri, ya biarlah. Kan yang dipanggil sekarang Gerindra, ya Gerindra udah cukup saya kira. Kalau ditambah Gerindra, kekuatan di parlemen KIK itu sekitar 75 persen ya, itu sudah cukup dominan," ujarnya.


Menurut Awiek, pihaknya akan tetap bersikap kritis terhadap program-program pemerintah yang tidak prorakyat. Kritik itu, kata Awiek, akan disampaikan dengan bijak dan santun.

"Dengan bahasa yang bijak, bahasa yang santun, bahasa yang sopan. Kalau ada kebijakan-kebijakan yang tidak prorakyat kita sampaikan, 'Pak, ini nggak bener' maka dievaluasi. Kira-kira itu yang akan kita lakukan lima tahun ke depan," ucap Awiek.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com