detikNews
2019/10/21 19:12:32 WIB

NasDem Siap Jadi Mitra Kritis Pemerintah, PDIP: Demokrasi Perlu Kritik

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Halaman 1 dari 2
NasDem Siap Jadi Mitra Kritis Pemerintah, PDIP: Demokrasi Perlu Kritik Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (Lisye/detikcom)
Jakarta - Partai NasDem mengaku siap menjadi mitra kritis di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. PDIP menilai setiap partai politik (parpol) memiliki kewenangan dan platform politik yang berbeda-beda.

"Ya setiap partai punya platform politik masing-masing," ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Gado-Gado Boplo, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019).



Hasto mengatakan setiap partai politik yang berada di dalam pemerintah memiliki sopan santun dalam menjalankan koalisi. Menurutnya, sikap kritis memang diperlukan dalam proses demokrasi.

"Kita punya fatsun (sopan santun) di dalam menjalankan posisi politik kita sebagai partai yang berada di dalam pemerintahan. Sikap kritis itu memang diperlukan karena demokrasi memang memerlukan kritik," lanjutnya.

Hasto mengaku telah mendengar komitmen NasDem bahwa akan menghormati hak prerogatif Presiden Jokowi dalam menyusun kabinet. Menurutnya, penghormatan tersebut adalah bagian dari konstitusi.



"Kalau kita lihat dari komitmen yang disampaikan oleh Bapak Surya Paloh ketika bertemu dengan para ketua umum partai semua menghormati hak prerogatif dari presiden tersebut. Karena inilah konstitusi kita," tegas Hasto.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com