detikNews
Senin 21 Oktober 2019, 19:05 WIB

Pelat B 1 RI di Mobil yang Halangi Tamu Pelantikan Diduga Palsu

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Pelat B 1 RI di Mobil yang Halangi Tamu Pelantikan Diduga Palsu Foto: Samsuduha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Mobil Nissan Terra berpelat nomor B-1-RI diamankan polisi karena menghalangi tamu yang akan menghadiri pelantikan presiden. Pelat mobil B-1-RI itu diduga palsu.

Seperti diketahui, mobil tersebut memiliki kode 'RI' pada pelat nomor mobilnya. Padahal kode 'RI' adalah khusus untuk presiden.

"Di mobil juga ada ditemukan pelat mobil yang diduga palsu karena pelatnya apa? Pelatnya B-1-RI. Kalau RI-1 kan presiden, ini B -1- RI," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Selain pelat yang diduga palsu, Argo menyebut polisi menemukan pelat nomor B-1442-KJM yang berada di dalam mobil. Pelat itu pun diduga palsu.


Polisi juga menemukan senjata tajam jenis parang dari dalam mobil itu. Ada pula undangan pelantikan presiden yang hingga kini masih diselidiki oleh polisi terkait asal-usul undangan itu.

"Ada undangan warna merah itu sedang kita cek, dia katanya beli. Tapi ini masih kita interogasi tersangka itu masih tidak konsisten jawabnya," jelas Argo.

Seperti diketahui, mobil B-1-RI yang ditumpangi oleh pria berinisial IL dan HS diamankan Polda Metro Jaya karena menghalangi jalan yang akan dilintasi kendaraan tamu negara di Hotel Raffles, Setiabudi, Jakarta Selatan (Jaksel), Minggu (20/10). IL merupakan pemilik mobil, sedangkan HS adalah pengemudinya.

Kedua orang itu diamankan polisi tidak hanya karena menghalangi jalur tamu undangan, namun diketahui kedua orang itu menyimpan senjata tajam di dalam mobilnya. IL sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh polisi.



Simak juga video "Bawa Parang dan Halangi Tamu Pelantikan Jokowi, Pemilik Mobil B 1 RI Ditahan" :

[Gambas:Video 20detik]


(sam/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com